Selasa, 10 Mar 2020 09:03 WIB

Ada 179 Hoax Soal Corona, dari yang Berbau Mistis hingga Iluminati

Ayunda Septiani - detikHealth
Nurse wearing respirator mask holding a positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China Hoax seputar virus corona makin meresahkan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Samara Heisz)
Jakarta -

Hoax seputar virus corona yang beredar di Indonesia semakin meresahkan. Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat ada 179 jenis hoax seputar virus corona hingga 9 maret 2020.

Ratusan hoax yang tersebar di masyarakat Indonesia dianggap menggangu ketertiban umum dan meresahakan. Bahkan Kominfo telah menyeret lima kasus hoax seputar virus corona ke ranah hukum.

"Kasusnya karena kebangetan karena mendesain, ingin menciptakan suasana tidak kondusif, ya kita langsung proses," ujar Direktur Jendral Aplikasi dan Informatika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.

Menurutnya, banyak kasus hoax yang menyebar di Indonesia dikaitkan dengan berbagai hal, salah satunya mengenai hal mistik.

"Terkait disinformasi, ada juga beberapa dikaitan dengan hal-hal mistik, selain itu dikaitkan juga dengan illuminati," Ujar Samuel Abrijani, Senin (9/3/2020).

Psikolog dari Personal Growth, Ratih Ibrahim mengatakan ada banyak cara untuk tidak langsung percaya dengan hoax yang berhubungan virus corona salah satunya adalah cek kembali data yang didapat.

"Pertama, harus cek data, verify datanya, datanya harus dari sumber yang terpercaya. Sumber yang terpercaya adalah berasal dari otoritas dari Pemrpov minimal. Lalu untuk hotline-nya dari KSP (Kantor Staf Presiden) bisa hubungi 119," kata Ratih, Senin (9/3/2020).



Simak Video "Daftar 54 Hoax Mengenai Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)