Selasa, 10 Mar 2020 20:18 WIB

Jangan Panik! Angka Kesembuhan Virus Corona Capai 87 Persen

Anjar Mahardika - detikHealth
rsup persahabatan virus corona Ingat pasien yang dirawat karena virus corona sebagian besar bisa sembuh. (Foto: Firdaus/detikHealth)
Jakarta -

Pemerintah melalui juru bicara penanganan virus corona, dr Achmad Yuriyanto baru saja mengumumkan bertambahnya 8 kasus pasien positif Covid-19 menjadi 27 orang di wilayah Indonesia.

"Demikian kami sampaikan dari nomor urut 20 sampai nomor urut 27, total jumlah 8," ujar Yuri di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020).

Di balik persebaran yang begitu cepat dan masif ternyata pasien yang terjangkit Covid-19 memiliki angka kesembuhan yang tinggi, dengan mortalitas atau angka kematian yang rendah seperti yang ditegaskan oleh Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban.

"Dan tidak perlu panik yang sembuh banyak, 87 persen," ujar Prof Zubaeri di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Selasa (10/3/2020).

Dibandingkan dengan tingkat kesembuhan, menurut prof Zubairi angka kematian terkait Covid-19 relatif rendah. Angka kematian saat ini sekitar 3,4 persen dengan mayoritas berusia lanjut dan dengan riwayat penyakit penyerta.



Simak Video "Virus Corona Mengancam Kerusakan Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)