Rabu, 11 Mar 2020 12:18 WIB

Niat Lawan Virus Corona, 36 Warga Iran Tewas Setelah Minum Metanol

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Warga Iran Meragukan Pemerintahnya Tangani Virus Corona Sejumlah warga Iran tewas keracunan alkohol. Foto: DW (News)
Jakarta -

Sejumlah warga Iran tewas setelah mengkonsumsi minuman keras bajakan yang disebut bisa menangkal infeksi virus corona. Kasus ini terjadi disebabkan adanya rumor yang mengatakan bahwa alkohol efektif bisa menyembuhkan dan mencegah virus tersebut.

Setelah ditinjau, minuman alkohol tersebut berisikan metanol. Sejauh ini, sudah 36 orang yang tewas dan 200 orang lainnya dirawat di rumah sakit karena keracunan minuman tersebut.

Dikutip dari Daily Star, korban yang tewas karena keracunan alkohol tersebut terjadi di Provinsi Khuzestan, Iran. Dalam kasus ini, tujuh orang yang diduga sebagai tersangka penyebar isu telah ditangkap.

Tak hanya di Iran, rumor obat virus corona juga beredar di Prancis. Di Prancis sempat beredar isu yang menyebutkan virus corona bisa dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi kokain.

Akibatnya, pemerintah Prancis langsung mengklarifikasi danmemberitahukannya kepada masyarakat sekitar sebelum jatuh korban. Pemerintah mengingatkan bahwa kokain sama sekali tidak bisa mencegah bahkan menyembuhkan penyakit karena virus corona tersebut.



Simak Video "Terapi untuk Atasi Gangguan Indra Penciuman pada Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)