Kamis, 12 Mar 2020 14:17 WIB

Tom Hanks hingga Bek Juventus, Ini Deretan Tokoh yang Terjangkit Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
6/5/97 Santa Monica, Ca Tom Hanks and Rita Wilson at the APLA benefit Gala. The gala took place in a private airplane hanger at the Santa Monica Airport. Tom Hanks dan istrinya mengaku positif terinfeksi virus corona. (Foto ilustrasi: Stewart Cook/Getty Images)
Jakarta -

Virus corona COVID-19 telah menyebar di 114 negara sehingga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi meningkatkan statusnya jadi pandemi. Hingga Kamis (12/3/2020) dilaporkan sudah ada sekitar 118 ribu kasus yang terkonfirmasi.

Para ahli mengingatkan virus corona ini bisa menyerang siapa saja. Terbukti sudah ada beberapa tokoh publik yang dilaporkan positif terinfeksi mulai dari wakil presiden, menteri, aktor, hingga atlet olahraga.

Berikut rangkuman detikcom dari berbagai sumber:

1. Wakil Presiden Iran

Wakil Presiden Iran untuk urusan wanita dan anak, Masoumeh Ebtekar, dikabarkan terinfeksi virus corona pada 28 Februari lalu. Belakangan dikabarkan Wakil Presiden Iran Pertama, Eshaq Jahangiri, juga terinfeksi oleh virus.

Iran jadi salah satu negara yang terdampak parah dengan angka kematian karena virus hingga saat ini mencapai angka 354.

2. Menteri kesehatan Inggris

Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries, disebut positif tertular virus corona pada Rabu (11/3/2020) lalu. Dorries, dalam sebuah pernyataan, menyebut pemerintah telah melacak orang-orang yang terlibat kontak dengannya.

Sebelum terdiagnosis ia diketahui baru saja mengikuti pertemuan dengan Perdana Menteri Boris Johnson di Downing Street.

3. Menteri kebudayaan Prancis

Menteri Kebudayaan Prancis, Franck Riester, dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Riester kini sedang menjalani karantina di rumahnya yang ada di Paris.

Seperti dilansir AFP, Selasa (10/3/2020), kantor Kementerian Kebudayaan Prancis dalam pernyataan menyebut Riester dalam kondisi "baik-baik saja". Riester awalnya menunjukkan gejala-gejala virus Corona, sebelum menjalani pemeriksaan.

4. Bintang Utah Jazz

Bintang pemain Utah Jazz, Rudy Gobert, dinyatakan positif virus corona. Hal ini membuat kompetisi National Basketball Association (NBA) untuk sementara dihentikan.

"NBA menangguhkan pertandingan sejalan dengan konklusi dari jadwal laga hari Rabu sampai pengumuman lebih lanjut," tulis NBA pada Rabu (11/3/2020) malam waktu setempat.

5. Bek tengah Juventus

Bek tengah Juventus Daniele Rugani juga dinyatakan positif terserang corona. Hal ini diumumkan oleh Juventus pada hari Rabu (11/3/2020) malam waktu setempat.

"Klub sepakbola Juventus saat ini mengaktifkan seluruh prosedur isolasi yang direncanakan sesuai peraturan, termasuk melakukan pemeriksaan kepada siapa saja yang pernah mengadakan kontak dengan si pemain," bunyi pengumuman klub.

6. Aktor Tom Hanks

Aktor Tom Hanks dan istrinya pada hari Kamis (12/3/2020) menambah daftar tokoh publik yang terjangkit virus corona. Kabar ini diumumkan sendiri oleh Tom Hanks lewat unggahan Instagram.

"Halo teman-teman. Rita dan saya di Australia. Kami merasa sedikit lelah, seperti pilek, dan beberapa area tubuh sakit. Rita mengalami kedinginan yang datang dan pergi. Demam ringan juga. Untuk mengetahui lebih lanjut, seperti yang diperlukan di dunia saat ini, kami melakukan tes Coronavirus, dan ternyata positif," tulis Hanks.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)