Kamis, 12 Mar 2020 17:15 WIB

Tangkal Corona, Mahasiswa UMI Makassar Bikin Hand Sanitizer Antiiritasi

Ibnu Munsir - detikHealth
Hand Sanitizer Mahal, Mahasiswa UMI Makkasar Bikin Sendiri dari Lidah Buaya Hand sanitizer berbahan alami (Foto: Ibnu Munsir/detikHealth)
Makassar -

Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menciptakan hand sanitizer atau pencuci tangan alami. Hand sanitizer ini dipercaya mampu menangkal bakteri termasuk virus corona.

"Ini sebagai pengganti cuci tangan yang mengandung antiseptik karena menggunakan alkohol 70 persen dan aloevera atau lidah buaya sebagai perawatan kulit yang melembutkan kulit sehingga tak terjadi iritasi dan ditambahkan dengan essential oil untuk digunakan sebagai pewangi," kata Kepala Laboratorium FTI UMI Makassar, Dr Rismawati Rasyid, ditemui, Kamis (12/3/2020).

Rismawati menjelaskan untuk membuat hand sanitizer sangat mudah, mahasiswa hanya membeli alkohol 70 persen yang dicampurkan oleh lidah buaya dan ekra kulit jeruk. Campuran ini kemudian dianggap sebagai pembunuh kuman, bakteri hingga virus corona, bahkan bahan yang digunakan dijamin alami kecuali alkohol 70 persen.

"Bahan yang digunakan yaitu alkohol 70 persen kemudian lidah buaya gel dalam bentuk selnya, kemudian ekstrak kulit jeruk menurut literatur alkohol 70 persen itu bermanfaat untuk membunuh kuman termasuk virus Corona, semua bahan yang alami kecuali alkohol dibeli di toko bahan kimia alkohol 70 persen lidah buaya bisa digunakan di yang ada di sekitar," jelasnya.

Karena menggunakan bahan alami, diklaim tidak memicu iritasi kulit.Karena menggunakan bahan alami, diklaim tidak memicu iritasi kulit. Foto: Ibnu Munsir/detikHealth

Pencuci tangan anti corona ini akan digunakan oleh seluruh mahasiswa di FTI Universitas Muslim Indonesia Makassar dan dibagikan secara gratis bagi para mahasiswa. Hal ini agar lingkungan kampus tetap terjaga dan mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Kita ini, kita akan gunakan untuk dibagikan di sekitar kampus karena sekarang stoknya sudah tidak ada hampir habis di toko-toko, makanya kami dari laboratorium mengadakan hand sanitizer ini untuk dibagikan secara gratis," terangnya.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hand Sanitizer Digunakan Terus Menerus"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)