Jumat, 13 Mar 2020 09:45 WIB

Disebut Ridwan Kamil Obat Virus Corona, Ini 5 Fakta Klorokuin Fosfat

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
WHO resmi menamai virus Corona yang menewaskan 1.115 orang. Virus mematikan yang pertama kali diidentifikasi di China pada 31 Desember itu dinamai COVID-19. 5 fakta tentang klorokuin fosfat. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendorong para akademisi dan lembaga untuk turut melakukan riset dalam mencari obat virus corona COVID-19. Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah klorokuin, yang disebut mempunyai potensi untuk mengobati penyakit ini.

"Klorokuin ini bisa menghambat pertumbuhan dan memblokade virus corona ini," kata Emil, sapaan akrabnya, dalam sebuah wawancara.

Tak hanya di Indonesia,klorokuin sudah diteliti bahkan diuji coba pada pasien virus corona. Berikut 5 fakta tentangklorokuin yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Obat antimalaria

Chloroquine Phosphate atau klorokuin merupakan obat antimalaria yang telah digunakan selama lebih dari 70 tahun.

2. Telah diuji klinis di China

Wakil Kepala Pusat Pengembangan Bioteknologi Nasional China, Sun Yanrong dalam konferensi pers, pada Selasa (18/2), menyatakan klorokuin mempunyai efek penyembuhan tertentu pada penyakit virus corona. Hal ini diketahui setelah dilakukannya berbagai macam uji klinis di rumah sakit di China.

3. Telah digunakan di lebih 10 rumah sakit

Klorokuin telah digunakan dalam uji klinis di lebih dari 10 rumah sakit di Beijing, serta di provinsi Guangdong, China selatan dan provinsi Hunan, China tengah, dan menunjukkan khasiat yang cukup baik dalam proses penyembuhan pasien.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]