Sabtu, 14 Mar 2020 07:01 WIB

Manfaat Jeruk yang Kaya Vitamin C, Bisa Tangkal Virus Corona

Niken Widya Yunita - detikHealth
Keranjang buah yang penuh berisi jeruk. Foto: Thinkstock/Manfaat Jeruk yang Kaya Vitamin C, Bisa Tangkal Virus Corona
Jakarta -

Mantan pasien virus corona dari Inggris menceritakan rasanya terkena penyakit itu yakni seperti flu biasa. Flu bisa dilawan dengan buah-buahan, salah satunya yang mengandung vitamin C. Vitamin C ada di dalam jeruk.

Jeruk berukuran sedang mengandung 70 mg vitamin C. Penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa konsumsi jeruk secara teratur bermanfaat bagi kesehatan.

Apalagi saat ini virus corona sedang mewabah. Salah satu cara menangkal virus corona dengan meningkatkan imunitas tubuh yakni dengan mengonsumsi vitamin c. Jeruk mengandung vitamin C tinggi.

Berikut manfaat jeruk dilansir dari healthline:

1. Obati Sakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian di dunia. Jeruk dapat mengobati sakit jantung. Hal ini karena jeruk mengandung flavonoid yang memberikan perlindungan pada pengidap penyakit jantung.

2. Turunkan Tekanan Darah

Studi klinis pada manusia mencatat bahwa asupan jus jeruk setiap hari selama empat minggu memiliki efek pengencer darah. Hal ini dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

3. Turunkan Kolesterol

Jeruk tinggi kandungan seratnya. Asupan serat pada buah jeruk telah terbukti menurunkan kadar kolesterol darah.

4. Cegah Batu Ginjal

Jeruk adalah sumber asam sitrat dan sitrat yang baik. Hal itu diyakini membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Kalium sitrat sering diresepkan untuk pasien pengidap batu ginjal.

5. Kaya Vitamin C dan Cegah Anemia

Anemia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan rendahnya kadar sel darah merah atau hemoglobin. Hal ini dapat yang menurunkan kemampuan untuk membawa oksigen. Ini sering disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Meskipun jeruk bukan sumber zat besi yang baik, jeruk merupakan sumber asam organik yang sangat baik, seperti vitamin C dan asam sitrat. Baik vitamin C dan asam sitrat dapat meningkatkan penyerapan zat besi tubuh kamu dari saluran pencernaan.


Jeruk Utuh vs Jus Jeruk

Terkadang, dalam mengonsumsi jeruk kamu bingung apakah harus mengonsumsi jeruk utuh atau minum jus jeruk. Jus jeruk merupakan minuman populer di seluruh dunia. Semua orang suka jus jeruk.

Namun jus jeruk lebih rendah serat. Satu cangkir (240 ml) jus jeruk murni memiliki jumlah gula alami yang sama dengan 2 jeruk utuh dan isinya jauh lebih sedikit.

Akibatnya, konsumsi jus buah sering menjadi berlebihan dan dapat berkontribusi terhadap penambahan berat badan dan masalah kesehatan. Ini berlaku terutama untuk jus yang mengandung gula tambahan.

Meskipun jus jeruk juga sehat namun jeruk utuh masih jauh lebih baik. Jadi konsumsi yang menyehatkan kan ya!



Simak Video "Satgas Sebut Banyak Orang Masih Tak Percaya Bahaya Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)