Sabtu, 14 Mar 2020 12:45 WIB

Bagaimana Cara Jalani Karantina Rumah? Ini Panduan Dari CDC

Firdaus Anwar - detikHealth
Korea Utara Dituduh Karantina Ratusan Orang Asing Guna Hindari Sebaran Virus COVID-19 Sebagian orang yang dalam pengawasan virus corona menjalani karantina rumah. (Foto: DW News)
Jakarta -

Menurut data yang dikumpulkan John Hopkins University, Center for Systems Science and Engineering, hingga hari Sabtu (14/3/2020) sudah ada lebih dari 145 ribu kasus virus corona COVID-19 terkonfirmasi di dunia. Ini membuat semakin banyak orang disarankan mengkarantina diri (self-quarantine) di rumah.

Namun, mungkin tidak semua tahu bagaimana cara menjalani karantina yang baik. Di media sosial kerap muncul pertanyaan hal-hal apa saja yang harus dilakukan.

Terkait hal tersebut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah mengeluarkan panduan karantina di rumah untuk menghadapi wabah virus corona.

Berikut penjelasannya:

1. Jangan keluar rumah

Meski mungkin merasa tidak sakit, orang yang menjalani karantina rumah tidak boleh keluar beraktivitas di luar ruangan.

"Anda harus batasi aktivitas di luar rumah, kecuali bila harus mendapatkan perawatan medis. Jangan pergi kerja, sekolah, atau ke area publik. Hindari juga menggunakan transportasi umum, berbagi kendaraan, atau taksi," tulis CDC.

2. Pisahkan diri dari anggota keluarga

Bila di dalam rumah ada anggota keluarga lain, sebisa mungkin pisahkan diri di ruangan berbeda. Bila memungkinkan gunakan juga kamar mandi terpisah.

CDC juga menyarankan menjaga jarak dengan hewan peliharaan.

"Meski tidak ada bukti hewan peliharaan atau lainnya dapat sakit karena COVID-19, tetap direkomendasikan untuk orang-orang yang terinfeksi COVID-19 untuk membatasi kontak dengan hewan sambil menunggu lebih banyak informasi terungkap terkait virus," kata CDC.

3. Pakai masker

Gunakan masker saat ada orang lain di dalam ruangan. Bila tidak memungkinkan karena misalnya kesulitan bernapas, maka orang sekitar yang disarankan memakai masker.

4. Tutup mulut dan hidung saat batuk

Jangan lupa selalu tutup mulut dan hidung saat batuk-batuk atau bersin. Bila menggunakan tisu maka segera buang ke tempat sampah lalu cuci tangan dengan sabun selama minimal 20 detik.

5. Jangan berbagi alat pribadi

Orang yang menjalani karantina harus memiliki peralatan pribadi seperti alat makan, handuk, hingga tempat tidur sendiri. Alat-alat tersebut harus rutin dibersihkan dan jangan digunakan oleh anggota keluarga yang lain.

6. Bersihkan permukaan yang sering disentuh

Permukaan meja, pintu, toilet, ponsel, hingga samping tempat tidur yang mungkin sering disentuh harus sering dibersihkan dengan disinfektan. Tujuannya untuk mencegah virus menempel pada area tersebut yang berpotensi menyebar ke orang lain.

7. Monitor gejala

Orang yang menjalani karantina rumah harus sering mengawasi gejalanya. Bila dirasa semakin memburuk maka segera telepon layanan kesehatan. Ingat untuk menggunakan masker sebelum meninggalkan rumah.



Simak Video "Karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri Diperpanjang Jadi 14 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)