Minggu, 15 Mar 2020 16:26 WIB

Cara Pakai Masker yang Benar Agar Tak Menularkan Virus Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
WHO telah umumkan wabah corona sebagai pandemi. Meski telah memperketat pengawasan guna cegah corona, Indonesia belum berencana melakukan lockdown. Warga mengenakan masker di tengah wabah virus corona COVID-19 (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Saat ini total sebanyak 117 kasus virus corona yang ada di Indonesia. Delapan di antaranya dinyatakan sembuh, 5 lainnya dilaporkan meninggal.

Menggunakan masker adalah hal wajib bagi kamu yang sedang sakit agar tak menularkan orang lain. Namun masih banyak yang belum tahu nih bagaimana seharusnya memakai masker yang benar. Berikut cara memakai masker yang benar menurut dokter:

Bisa Langsung Pakai Nggak Sih?

Jika kamu terbiasa langsung memakai masker tanpa memastikan kebersihan tangan, itu keliru. Menurut dokter spesialis pulmonologi dari Rumah Sakit (RS) Awal Bros Tangerang, dr Fitri Rahayu Sari, SpP, hal yang paling penting dilakukan sebelum memakai masker adalah mencuci tangan.

Bagian Mana yang Pertama Kali Dipegang?

Saat mengambil masker, dr Fitri menyarankan untuk mengeluarkan masker dari tempatnya dengan memegang bagian talinya. Selain itu, pastikan masker dalam kondisi yang baik dan tali untuk mengaitkannya kuat.

Bagian Mana yang Harus Ada di Depan? Sisi Berwarna atau Sisi Putih?

Menurut dr Fitri, apa pun warna maskernya, kamu harus selalu menempatkan sisi berwarna di bagian depan, bukan malah sebaliknya.

"Untuk memakai masker medis yang ada berbagai macam warna seperti hijau, pink, dan biru, yang berwarna harus di depan, jangan sampai terbalik," jelasnya kepada detikcom beberapa waktu yang lalu.



Simak Video "Jenis Masker yang Sangat Efektif Menurut Profesor Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)