Rabu, 18 Mar 2020 17:06 WIB

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami, Mudah dan Bahannya Gampang Didapat

Tim detikhealth - detikHealth
lidah buaya Foto: iStock/Cara Membuat Hand Sanitizer Alami, Mudah dan Bahannya Gampang Didapat
Jakarta -

Bahan-bahan membuat hand sanitizer menjadi barang langka menyusul merebaknya virus corona. Mahasiswa-mahasiswa di Indonesia membuat hand sanitizer alami.

Mereka adalah para mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) Univesitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Bagaimana cara membuat hand sanitizer alami?

Cara membuat hand sanitizer alami:

Bahan membuat hand sanitizer alami:

1. 150 ml alkohol 70 persen
2. 50 gram gel lidah buaya
3. Sedikit ekstrak kulit jeruk yang sudah diperas

Cara membuat hand sanitizer alami:

Alkohol dan gel lidah buaya dicampurkan jadi satu dan diaduk selama 15 menit. Setelah itu didiamkan sejenak dan ditambahkan potongan kecil kulit lemon yang sudah diperas.

Alkohol bermanfaat untuk antiseptik. Gel lidah buaya atau aloevera untuk melembutkan kulit. Sedangkan ekstrak kulit jeruk sebagai pewangi.

Campuran itu dianggap sebagai pembunuh kuman, bakteri, hingga virus corona. Semua bahan yang digunakan alami kecuali alkohol 70 persen.

Kepala Laboratorium FTI UMI Makassar, Dr Rismawati Rasyid, saat ditemui, Kamis (12/3/2020) lalu, menyatakan hand sanitizer ini tidak menyebabkan iritasi.

"Ini sebagai pengganti cuci tangan yang mengandung antiseptik karena menggunakan alkohol 70 persen dan aloevera atau lidah buaya sebagai perawatan kulit yang melembutkan kulit sehingga tak terjadi iritasi dan ditambahkan dengan ekstrak kulit jeruk untuk digunakan sebagai pewangi," kata Rismawati.

Hand sanitizer alami ini dibuat para mahasiswa karena kelangkaan barang yang dapat mencegah virus corona. Setelah membuatnya, hand sanitizer dibagi-bagikan di lingkungan kampus.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hand Sanitizer Digunakan Terus Menerus"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)