Rabu, 18 Mar 2020 21:48 WIB

Sah! BBTKLPP Yogyakarta Resmi Jadi Tempat Uji Sampel Virus Corona

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Sah! BBTKLPP Yogyakarta Resmi Jadi Tempat Uji Sampel Virus Corona BBTKLPP Yogyakarta Resmi Jadi Tempat Uji Sampel Virus Corona (Foto: Pradito Rida Pertana/detikHealth)
Topik Hangat Serba-serbi Tes Corona

"Sesuai HK.01.07/Menkes/182/2020, pemeriksaan di BBTKLPP tidak dikenakan biaya atau gratis. Perkiraan biaya per-sekali pemeriksaan untuk pemeriksaan swab per spesimen sekitar Rp 800 ribu. Karena untuk menegakkan diagnosis mensyaratkan 2kali hasil pemeriksaan positif, sehingga membutuhkan sekitar Rp 1,6 juta per orang.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI No.HK.01.07/Menkes/182/2020 tentang Jejaring Laboratorium Pemeriksaan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) diktum kelima bahwa Laboratorium Pemeriksa Covid-19 menerima spesimen untuk pemeriksaan COVID-19 dari rumah sakit/dinas kesehatan/laboratorium kesehatan lainnya dan contact tracing.

"Dengan demikian, BBTKLPP Yogyakarta tidak menerima pemeriksaan spesimen secara mandiri," ucap Irene.

Sementara itu, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X meminta BBTKLPP Yogyakarta berperan semaksimal mungkin dalam melakukan tes COVID-19. Selain itu, keberadaan BBTKLPP Yogyakarta memudahkan pemeriksaan sampel bagi masyarakat.

"Harapan saya pasien di Jateng-DIY cukup bisa diselesaikan di tempat ini. Sehingga harapan saya hasilnya bisa lebih cepat bisa diumumken. Prinsip itu yang bagi kami fasilitas ini memberikan kemudahan akses bagi masyarakat karena perlu cepat tahu dia positif atau negatif," ucapnya.

"Mungkin harapan saya biarpun ada kemudahan akses untuk pemeriksaan darah ini, ya semoga harapan kita bersama tidak usah tambah lah dari 2 orang yang memang positif yang lain masih dalam pengawasan," lanjut Sultan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(up/up)
Topik Hangat Serba-serbi Tes Corona