Kamis, 19 Mar 2020 12:06 WIB

Vitamin & Mineral yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh Cegah Infeksi Virus

Inkana Putri - detikHealth
Vitamin Foto: shutterstock
Jakarta -

Di tengah maraknya Covid-19, sangat penting sekali untuk menjaga daya tahan tubuh. Pasalnya, daya tahan tubuh berfungsi melindungi diri dari infeksi bakteri dan virus.

Salah satu cara untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yaitu dengan mengonsumsi vitamin dan mineral. Lalu, apa saja sih vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh? Dilansir dari Copeman Healthcare, berikut jenis vitamin serta mineral yang bisa tingkatkan daya tahan tubuh.

1. Vitamin A, C dan E

Ketiga jenis vitamin ini bisa membantu menjaga lapisan saluran pernapasan dan juga pencernaan sebagai pencegah infeksi. Vitamin A, C, dan E bisa didapatkan dalam buah dan sayuran berwarna merah, oranye, ungu, dan kuning seperti jeruk, wortel, dan stroberi.

Vitamin D umumnya bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu. Di dalam tubuh, vitamin D akan bekerja dengan sel darah putih dimana merupakan komponen penting sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.2. Vitamin D

3. Probiotik

Seperti yang diketahui probiotik dipercaya mampu menjaga kesehatan usus. Dengan terjaganya lapisan usus, maka sistem kekebalan tubuh juga ikut meningkat. Probiotik biasanya terkandung dalam yogurt atau minuman probiotik lainnya.

4. Selenium

Selenium berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melawan infeksi virus dan bakteri serta dapat melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Selenium biasanya terkandung dalam kacang-kacangan, tuna, daging, dan biji-bijian.

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, pastikan juga kebutuhan vitamin dan mineral tubuh terpenuhi dengan asupan suplemen kesehatan. Melalui layanan GrabHealth, Grab memberikan berbagai macam promo dan diskon hingga Rp 25.000 untuk segala produk vitamin dan bisa digunakan di semua Apotek. Tak hanya itu, Anda pun tak perlu repot-repot ke Apotek karena produk kebutuhan Anda bisa diantar dalam waktu 1 jam.

Selain membeli obat-obat tersebut, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter secara langsung di fitur GrabHealth. Jangan khawatir, dokter-dokter yang ada di GrabHealth sudah terjamin kesahihan statusnya sebagai dokter.



Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)