Kamis, 19 Mar 2020 19:14 WIB

Perlancar Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Lakukan Hal Ini

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Ibu menyusui Foto: shutterstock
Jakarta -

Memberikan ASI eksklusif untuk bayi merupakan kebahagiaan tersendiri terutama bagi seorang ibu. Sebab, selain bisa memberikan asupan gizi terbaik, ASI juga bisa mempererat hubungan ibu dan anak secara psikologis.

Kendati demikian, tidak sedikit ibu yang baru melahirkan mengeluhkan produksi ASI yang tidak banyak sehingga proses menyusui tidak berjalan dengan lancar. Namun, jangan khawatir beberapa cara ini mungkin bisa dilakukan untuk memperbanyak produksi ASI.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips untuk merangsang produksi ASI agar si kecil mendapatkan makanan terbaiknya dengan cukup.

Tetap Menyusui

Meskipun Anda merasa produksi ASI sedikit, jangan berhenti menyusui si kecil. Sebab, gerakan dari mulut bayi akan memberikan stimulus pada payudara sehingga merangsang tubuh ibu untuk memproduksi air susu.

Itulah refleks 'let-down'. Refleks let-down adalah ketika otot-otot di payudara berkontraksi dan memindahkan ASI melalui saluran, yang terjadi tak lama setelah bayi Anda mulai menyusui. Sehingga semakin banyak menyusui, semakin banyak ASI yang dihasilkan payudara Anda.

Memompa ASI dengan Rutin dan Teratur

Pompalah ASI dengan rutin dan teratur. Menghangatkan payudara seperti dengan mengompres sebelum memompa dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dan dapat meningkatkan jumlah ASI yang dipompa. Lakukanlah pemompaan sekitar 10 menit pada masing-masing payudara.

Konsumsi Asupan Gizi Pelancar ASI

Hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi ASI adalah memenuhi kebutuhan gizi ibu yang menjadi sumber ASI tersebut. Disarankan agar ibu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat meningkatkan produksi ASI seperti daun katuk, telur, kacang-kacangan, dan lain-lain.

Saat ini ada cara yang lebih mudah untuk memperoleh semua kandungan gizi yang baik untuk meningkatkan produksi ASI, yakni dengan mengonsumsi Milmor Plus. Milmor Plus adalah suplemen mengandung Ekstrak Daun Katuk dan Ekstrak Biji Fenugreek yang dapat membantu melancarkan dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Perlancar Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Lakukan Hal IniFoto: milmor plus

Milmor Plus juga mengandung Ekstrak Buah Silymarin (Silybum Marianum) yang dapat membantu menjaga fungsi hati. Saat menyusui, tidak jarang sang Ibu harus bergadang untuk menyusui si kecil di malam hari, padahal metabolisme hati bekerja maksimal di malam hari. Untuk itu, Ibu penuhi kebutuhan zat gizi penting untuk menambah produksi ASI dengan minum Milmor Plus.

Milmor Plus, sahabat ibu menyusui!

Perlancar Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Lakukan Hal IniFoto: milmor plus


Simak Video "Kata WHO Soal Kemungkinan Penularan Corona Lewat ASI"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)