Kamis, 19 Mar 2020 20:25 WIB

Ternyata Ini Alasan Daun Katuk Bisa Buat ASI Lancar

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Ibu menyusui Foto: shutterstock
Jakarta -

Beberapa ibu yang baru melahirkan terkadang khawatir akan kecukupan ASI yang dimilikinya. Sebab, hal itu akan mempengaruhi pemenuhan gizi si kecil untuk ke depannya. Padahal kekhawatiran ini bisa mempengaruhi kuantitas dan kualitas ASI ibu.

Akhirnya, ibu pun mulai mencoba berbagai macam makanan, minuman hingga suplemen untuk melancarkan ASI bagi si kecil. Salah satu contoh bahan alami yang sudah sangat terkenal dapat memperlancar ASI, yaitu daun katuk (Sauropus androgynus).

Kandungan yang ada di dalam daun katuk ini dipercaya bisa merangsang produksi ASI ibu sehingga produksi ASI lebih banyak. Selain itu, daun katuk juga mengandung klorofil yang dapat berperan dalam proses metabolisme dalam tubuh.

Daun katuk juga mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin yang berperan dalam produksi ASI. Daun katuk juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu saat masa menyusui.

Selanjutnya, daun katuk juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin C (antioksidan), kalsium, zat besi. Kandungan - kandungan tersebut yang akan meningkatkan dan melancarkan produksi ASI.

Kini ada cara yang lebih mudah untuk memperoleh semua kandungan gizi yang baik di dalam daun katuk yakni dengan cara mengonsumsi Milmor Plus. Milmor Plus adalah kaplet salut selaput yang mengandung Ekstrak Daun Katuk 200 mg disertai dengan Ekstrak Biji Fenugreek 600 mg untuk membantu meningkatkan produksi ASI

Ternyata Ini Alasan Daun Katuk Bisa Buat ASI LancarFoto: milmor plus

Milmor Plus juga mengandung Ekstrak Buah Silymarin (Silybum Marianum) yang dapat membantu menjaga fungsi hati. Saat menyusui, tidak jarang sang Ibu harus bergadang untuk menyusui si kecil di malam hari, padahal metabolisme hati bekerja maksimal di malam hari. Untuk itu, Ibu penuhi kebutuhan zat gizi penting untuk menambah produksi ASI dengan minum Milmor Plus.

Milmor Plus, sahabat ibu menyusui!

Ternyata Ini Alasan Daun Katuk Bisa Buat ASI LancarFoto: milmor plus

Referensi:
JULIASTUTI, Juliastuti. EFEKTIVITAS DAUN KATUK (SAUROPUS ANDROGYNUS) TERHADAP KECUKUPAN ASI PADA IBU MENYUSUI DI PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR. Indonesian Journal for Health Sciences, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-5, mar. 2019. ISSN 2549-2748. Available at: . Date accessed: 20 mar. 2020. doi:http://dx.doi.org/10.24269/ijhs.v3i1.1600.

Hayati, A., Arumingtyas, E.L., Indriyani, S., & Hakim, L. (2016). Local Knowledge of Katuk ( Sauropus androgynus ( L . ) Merr ) in East Java , Indonesia.



Simak Video "Kata WHO Soal Kemungkinan Penularan Corona Lewat ASI"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)