Senin, 23 Mar 2020 09:30 WIB

Dokternya Terinfeksi Corona, Kanselir Jerman Angela Merkel Dikarantina

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
German Chancellor Angela Merkel at the Chancellery in Berlin after a shooting rampage at the Olympia shopping mall in Munich, Germany July 23, 2016. REUTERS/Stefanie Loos Angela Merkel jalani isolasi diri setelah kontak dengan pasien posiitf virus corona. (Foto: REUTERS/Stefanie Loos)
Jakarta -

Kanselir Jerman, Angela Merkel, saat ini tengah mengisolasi diri setelah ia diberitahu bahwa salah satu dokter yang ia temui terinfeksi virus corona COVID-19. Kabar ini ia dapatkan tak lama setelah mengumumkan aturan baru kontak sosial yang dibuat untuk memperlambat penyebaran penyakit.

Dikutip dari Time, informasi mengenai kondisi Merkel disampaikan oleh juru bicaranya, Steffen Seibert, selang beberapa saat setelah mengumumkan larangan bepergian dan berkumpul di publik dua pekan secara nasional dan memerintahkan warga Jerman untuk tinggal di rumah.

Seibert juga mengatakan bahwa Merkel telah diberi vaksin pneumokokus pada Jumat (20/3) lalu, dari seorang dokter yang saat ini telah terkonfirmasi positif virus corona.

Bagi kebanyakan orang, virus corona hanya menyebabkan gejala ringan atau sedang, seperti demam atau batuk. Namun bagi kelompok lain, terutama orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang dengan masalah kesehatan, dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah, termasuk pneumonia.

Seibert mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Merkel akan menjalani 'tes reguler' dalam beberapa hari mendatang dan melanjutkan pekerjaannya dari rumah untuk sementara waktu.

Merkel sebelumnya menyatakan rasa terima kasihnya kepada Jerman yang mengikuti aturan tentang jarak sosial, dengan mengatakan penting untuk tetap terpisah setidaknya 1,5 meter untuk mengurangi kemungkinan infeksi.



Simak Video "Virus Corona Mengancam Kerusakan Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)