Senin, 23 Mar 2020 16:19 WIB

579 Kasus 49 Meninggal, Tingkat Kematian Corona RI Turun Jadi 8,4 Persen

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi corona Meski turun, tingkat kematian kasus corona di Indonesia masih terbilang tinggi. (Foto: ilustrasi corona)
Jakarta -

Pemerintah pada hari Senin (23/3/2020) mengumumkan total kasus positif virus corona COVID-19 di Indonesia menjadi 579 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 49 di antaranya meninggal dunia sementara 30 orang lain dinyatakan sembuh.

"Ada penambahan kasus baru sebanyak 65 orang," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, Senin (23/3/2020).

Dengan data tersebut artinya tingkat kematian atau case fatality rate (CFR) virus corona di Indonesia saat ini ada di angka 8,46 persen. Angka tersebut turun dari hari Minggu kemarin yang mencapai 9,3 persen.

Sebagai perbandingan, menurut data yang dihimpun Research Center Johns Hopkins University, CFR wabah corona di dunia saat ini rata-rata 4,32 persen.

"Jadi memang CFR kita tinggi kemungkinan karena deteksi kasus di Indonesia masih sangat kurang sehingga yang terdeteksi saat ini adalah orang dengan gejala sedang sampai berat sehingga case fatalitynya bukan di antara seluruh kasus tapi dari kasus yang memang bisa mengakses pemeriksaan laboratorium," jelas Nurul Nadia, konsultan kesehatan masyarakat dari Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI), kepada detikcom, Senin (23/3/2020).

Jika dilihat dari segi demografis, harusnya angka kematian di Indonesia sama seperti di Korea Selatan karena didominasi oleh penduduk usia produktif. Nadia menyebut di Italia angka kematian cukup tinggi karena struktrur demografis usia penduduk di sana banyak yang lanjut usia.

Italia yang sering disebut jadi episentrum wabah corona di Eropa pada hari Senin (23/3/2020) memiliki CFR 9,25 persen. Di lain sisi, Iran yang disebut episentrum corona di Timur Tengah memiliki CFR 7,78 persen.

Korea Selatan yang juga disebut jadi negara terdampak parah namun kini mulai berhasil mengendalikan wabah memiliki CFR 1,23 persen.



Simak Video "Komunitas Relawan di Shanghai Turun Tangan Bantu Warga yang Karantina"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)