Selasa, 24 Mar 2020 10:10 WIB

Waspada! Penyandang Diabetes Rentan Terkena Paparan Virus

Abu Ubaidillah - detikHealth
Diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Virus Corona (Covid-19) sudah dinyatakan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Oleh karena itu, perlu kewaspadaan agar virus tersebut tidak menyerang tubuh.

Apalagi bagi para penyandang diabetes, perlu ekstra hati-hati karena berdasarkan WHO dan Center for Disease Control and Prevention, diabetes merupakan salah satu penyakit yang rentan terpapar virus, termasuk virus corona.

Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita menyebut meski tidak ada kaitan langsung, namun orang yang memiliki diabetes menempati risiko tertinggi terpapar Covid-19 lebih tinggi dibanding penyakit jantung dan gangguan paru-paru. Hal ini sebagai akibat tidak efektifnya hormon insulin dan kadar gula darah yang tinggi. Bahkan mereka yang meninggal kebanyakan adalah yang sudah ada co-morbiditasnya.

"Kadar gula yang tinggi dalam darah dapat membahayakan sistem imun, yang akhirnya membuat tubuh rentan terinfeksi virus dari luar," terang dr Adeline kepada detikHealth, Selasa (24/3/2020).

Oleh karenanya, penyandang diabetes harus mengendalikan kadar gula darahnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga risiko terpapar virus, termasuk virus corona akan semakin sedikit.

"Penyakit diabetes adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, hanya dapat dijaga kadar gula darah agar tetap stabil agar menghindari terjadinya komplikasi jangka panjang terhadap pembuluh darah seperti stroke, penyakit jantung, penyakit ginjal maupun gangguan saraf tepi yang bisa berakhir pada amputasi," papar dr Adeline.

Dari segi nutrisi, yang diperlukan oleh penyandang diabetes adalah makanan yang mengandung karbohidrat lepas lambat, serat, protein, omega-3, dan antioksidan. Penyandang diabetes juga disarankan mengonsumsi susu seperti Diabetasol dengan kandungan vita digest pro dan indeks glikemik rendah.

Diabetasol sebagai nutrisi khusus penyandang diabetes mengandung karbohidrat lepas lambat, dan dilengkapi dengan protein, omega-3 dan vitamin serta mineral (vit A, C, E dan zinc) untuk bantu jaga gula darah, sehingga bantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Bungkus Plastik Jenazah Pasien Corona Dibuka"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)