Rabu, 25 Mar 2020 14:32 WIB

Donald Trump Minta Bantuan Korsel untuk Lawan Wabah Corona di AS

Firdaus Anwar - detikHealth
Virus Corona telah menjadi pandemi global. Berbagai langkah pencegahan dan penanggulangan pun diterapkan berbagai negara di dunia guna lawan penyebaran COVID-19 Virus corona kini menjadi ancaman seluruh dunia. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dilaporkan meminta bantuan Korea Selatan (Korsel) untuk menghadapi wabah virus corona COVID-19. AS diketahui mengalami peningkatan pesat kasus corona dan sekarang berada di posisi ketiga sedunia.

Menurut data yang dihimpun oleh Research Center Johns Hopkins University, AS pada hari Rabu (25/3/2020) sudah melaporkan 55.231 kasus positif corona. Jumlahnya diprediksi masih akan terus meningkat dan menurut beberapa ahli ada ancaman AS tidak memiliki persediaan medis yang cukup.

Dikutip dari Reuters, Trump meminta bantuan langsung pada Presiden Korsel Moon Jae-in lewat sambungan telepon. Spesifiknya Trump berusaha mendatangkan peralatan medis dari Korsel.

Moon berjanji "akan membantu sebisa mungkin bila ada peralatan medis ekstra di Korea".

Korsel disebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai salah satu negara yang berhasil mengendalikan wabah. Korsel bergerak cepat dengan melakukan pemeriksaan massal dan tracing yang agresif sehingga pengidap virus bisa segera diisolasi sebelum menularkan penyakitnya ke orang lain.



Simak Video "WHO Ngarep Rujuk dengan Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)