Jumat, 27 Mar 2020 09:07 WIB

10 Kondisi Kesehatan yang Memicu Dampak Fatal Virus Corona COVID-19

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
PT KAI menggelar sosialisasi pencegahan virus corona di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Sosialisasi digelar guna mencegah penyebaran COVID-19. Ilustrasi virus corona COVID-19 (Foto: Rifkianto Nugroho)

6. Penyakit ginjal kronis

The National Kidney Foundation merekomendasikan pasien dengan penyakit ginjal untuk sebisa mungkin tinggal di rumah dan rajin mencuci tangan. Anjuran yang sebenarnya bersifat umum ini penting karena 18 persen pasien COVID-19 yang meninggal punya riwayat mengalami kondisi ini.

7. Penyakit paru obstruktif kronis

Dalam memerangi infeksi di saluran pernapasan, pasien dengan riwayat masalah pada paru-paru. Risiko mengalami pneumonia, yakni saat jaringan paru dipenuhi cairan. Kondisi ini sangat umum ditemukan pada kematian terkait COVID-19.

8. Stroke

Stroke sendiri tidak secara langsung berhubungan dengan dampak fatal infeksi virus corona COVID-19. Namun stroke biasanya tidak sendiri, melainkan disertai berbagai kondisi seperti masalah jantung, diabetes, dan gangguan ginjal. Berbagai kondisi penyerta inilah yang melemahkan daya tahan tubuh.

9. Demensia atau pikun

Sekirat 6,8 persen pasien COVID-19 yang meninggal di Italia memiliki riwayat demensia. Tidak heran, karena kematian di negara tersebut didominasi oleh lansia. Bukan demensianya yang mematikan, tetapi berbagai perubahan perilaku yang menyertai seperti lupa mencuci tangan dan minum obat.

10. Penyakit hati kronis

Tidak diketahui pasti bagaimana COVID-19 mempengaruhi hati. Tetapi pasien dengan cangkok hati misalnya, biasanya akan mendapat pengobatan imunosupresan yang membuat daya tahan tubuhnya melemah. Tujuannya agar tubuh tidak menolak organ baru, tetapi efeknya bisa melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(up/kna)