Jumat, 27 Mar 2020 12:01 WIB

Temukan Banyak Kasus Impor Corona, China Larang WNA Masuk

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Virus corona: Laju penularan di China menurun, bisakah langkah mereka diterapkan di negara lain? Ditemukan kasus impor corona, WNA dilarang masuk ke China. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri China mengumumkan pemberiahan terkait dengan menghentikan sementara masuknya warga negara asing (WNA) dengan perkembangan COVID-19 di dunia. Sebelumnya diberitakan 16 RS Darurat di Wuhan pun tutup seiring dengan kasus corona yang menurun.

Larangan ini bahkan berlaku untuk mereka yang memegang visa atau izin tinggal yang valid. Larangan tersebut berlaku mulai 28 Maret pukul 12 pagi. Semua warga negara asing lainnya yang memegang segala jenis visa atau izin tinggal akan ditolak masuk.

"Warga negara asing yang datang ke China untuk kegiatan ekonomi, perdagangan, ilmiah atau teknologi yang diperlukan atau keluar dari kebutuhan kemanusiaan darurat dapat mengajukan permohonan visa di kedutaan atau konsulat Tiongkok," kata kementerian luar negeri China dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Mothership pada Jumat (27/3/2020).

Keputusan itu dibuat setelah lonjakan kasus impor memasuki daratan China. Sebagian besar kasus virus corona COVID-19 yang baru dilaporkan di Tiongkok diimpor, dengan beberapa infeksi yang ditularkan secara lokal.

Sebanyak 55 kasus baru dilaporkan di daratan China pada 26 Maret 54 di antaranya diimpor, dan hanya satu kasus yang ditransmisikan secara lokal, demikian laporan media pemerintah China Global Times.



Simak Video "WHO Kunjungi China Pekan Ini untuk Telusuri Asal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)