Jumat, 27 Mar 2020 18:11 WIB

Penuhi Kebutuhan Masker, Pabrik di Australia Beroperasi 24 Jam

Ayunda Septiani - detikHealth
pakai masker Pabrik masker di Australia beroperasi selama 24 jam penuhi kebutuhan masker. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Satu-satunya perusahaan yang membuat masker di Australia saat ini meningkatkan produksi guna memenuhi kebutuhan di tengah krisis virus corona.

Produksi Masker di Australia Med-Con adalah satu-satunya pabrik di Australia yang memproduksi masker medis. Yang kini sedang berusaha meningkatkan produksi dari 2 juta menjadi 50 juta per tahun. Pemerintah Australia hadir memberikan bantuan personel dan pencarian bahan dasar pembuatan masker.

"Dengan permintaan yang mendadak tinggi dan tambahan mesin, kami bisa memproduksi sekitar 50 juta masker dalam setahun. Karyawan kami selama ini cuma 17 orang, namun dengan apa yang terjadi sekarang, semua berubah," kata Steve Csiszar, CEO perusahaan Med-Con dikutip dari laman ABC.

"Kami menambah orang setiap hari, dan mesin produksi kami berjalan 24 jam, dan belum pernah kami sesibuk ini sebelumnya di Shepparton," ujarnya.

Dengan permintaan untuk memproduksi lebih banyak masker, masalah terbesar adalah membeli bahan pembuat masker dari luar negeri. Negara yang biasanya menjadi pemasok bahan dasar sekarang juga tidak menjual, karena kebutuhan di dalam negeri mereka sendiri.

"Tidak ada pemasok bahan dasar untuk jenis masker ini di Australia dan itulah masalah utamanya," kata Steve.

"Kami sudah meminta kedutaan untuk mendatangi perusahaan pemasok bahan dasar ini di negara asal dan mencoba meminta mereka mengirimkan bahan-bahan tersebut," tambahnya.



Simak Video "Kenali Plus-Minus Masker Kain Sebagai Penangkal Virus"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)