Sabtu, 28 Mar 2020 17:34 WIB

Perkembangan Virus Corona Bikin Cemas dan Gelisah? Ini Saran Dokter Jiwa

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Anxious Woman Sits at a Desk Using a Laptop and Paying a Bill Online Perkembangan virus corona bikin cemas dan gelisah? ini kata dokter jiwa. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Rasa cemas dan stres kerap kali muncul ketika melihat informasi terkait wabah virus corona COVID-19. Ahli jiwa tegaskan stres bisa menurunkan imunitas tubuh.

"Kejadian luar biasa penyakit virus corona 2019 (COVID-19) menimbulkan dampak yang berbeda pada keadaan psikologis setiap orang. Ketakutan, stres, dan rasa cemas menjadi hal tidak nyaman yang dirasakan setiap harinya. Kejadian positif dan kasus meninggal yang meningkat tentunya membuat kecemasan semakin meningkat," kata dr Lahargo Kembaren, SpKJ, psikiater dari RS Jiwa Marzoeki Mahdi, melalui sebuah pesan berantai yang diterima detikcom beberapa waktu lalu.

Meski begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa cemas dan stres agar tidak mengganggu kegiatan di rumah saat pandemi corona.

1. Curahkan isi hati pada orang terdekat

Merasakan cemas, sedih, stres, bingung, takut dan marah adalah perasaan yang normal saat menghadapi krisis. Berbicara dengan orang yang dapat dipercaya seperti keluarga dan teman akan membantu meredakan perasaan tersebut.

2. Jaga pola hidup sehat

Apabila harus tinggal di rumah, jagalah pola hidup sehat seperti makan makanan yg bergizi, tidur cukup, olah raga teratur, dan lakukan kontak sosial dengan orang yang dikasihi di rumah dan keluarga atau teman di luar melalui telepon atau alat komunikasi lain.

3. Jangan merokok, minum alkohol, atau narkoba

Untuk mengatasi perasaan yang tidak nyaman. Apabila merasakan stres atau perasaan yang tidak nyaman segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan jiwa seperti psikiater atau lainnya untuk mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat.

4. Pilah dan pilih informasi

Dapatkan informasi yang akurat dari sumber terpercaya dan lakukan pencegahan atau penanganan yang dianjurkan.

5. Kurangi menonton informasi yang berlebihan

Kurangi kecemasan dengan membatasi menonton, membaca, atau mendengarkan informasi yang berlebihan.

6. Cobalah untuk relaks

Relaksasi, santai, isi waktu luang dengan kegiatan positif.Gunakan keterampilan mengatasi emosi di waktu yang lampau untuk membantu mengatasi perasaan yang tidak nyaman saat ini.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)