Minggu, 29 Mar 2020 06:02 WIB

DIY Prioritaskan Rapid Test dan Bantuan APD untuk Tenaga Medis

Pradito Rida Pertana - detikHealth
bantuan apd dan rdp Bantuan APD untuk penanganan virus corona COVID-19 (Foto: Pradito Rida Pertana/detikHealth)
Yogyakarta -

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) hari ini mendapatkan bantuan 4.000 Alat Pelindung Diri (APD) dan 14.400 Rapid Diagnose Test (RDT) dari BNPB. Semua bantuan itu segera akan didistribusikan dan khusus untuk RDT akan memprioritaskan tenaga medis.

Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Biwara Yuswantana mengatakan, bahwa sebelumnya DIY telah menerima 1000 APD dan 6000 RDT. Dimana kedua barang tersebut telah didistribusikan.

"Hari ini kita telah menerima dari BNPB 4000 APD dan 14.400 RDT, sekarang masih dalam proses disinfeksi. Bantuan ini dikirim melalui darat oleh OPD kita di Jakarta yakni Badan Penghubung Daerah (Bahubda DIY)," katanya saat jumpa pers di Gedung Pusdalops BPBD DIY, Jalan Kenari, Kota Yogyakarta, Sabtu (28/3/2020).

Lanjutnya, untuk APD akan diprioritaskan bagi Rumah Sakit rujukan COVID-19 dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas yang diidentifikasi oleh Dinas Kesehatan DIY. Selain itu, Rumah Sakit non rujukan yang merawat PDP juga akan mendapat bagian.

"Dan juga Rumah Sakit non rujukan (COVID-19) yang merawat PDP. Untuk mekanismenya dengan mengajukan permintaan APD, karena sebagai data pertanggungjawaban penggunaan dan distribusi APD ini," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tren 'Coronacuts', Potong Rambut Sendiri Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]