Minggu, 29 Mar 2020 13:18 WIB

Sebanyak 5.816 Orang Mendaftar Jadi Relawan Penanganan Virus Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom) Hampir 6 ribu orang mendaftar jadi relawan penanganan wabah corona. (Foto: Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Untuk membantu penanganan virus corona COVID-19 di Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membuka lowongan bagi orang-orang yang mau menjadi relawan. Total hingga 28 Maret 2020 sudah ada 5.816 orang yang mendaftar, terdiri atas tenaga medis dan nonmedis.

Ketua Umum Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia, Dandi Prasetia, menjelaskan sebagian besar yang mendaftar adalah kelompok usia muda 19-30 tahun. Namun ada juga yang berusia di atas 60 tahun mendaftar sebagai relawan.

"Di atas 60 tahun ada lima orang laki-laki," kata Dandi dalam video yang disiarkan langsung oleh BNPB pada Minggu (29/3/2020).

"Atas nama tim Desk Relawan saya ingin mengucapkan banyak terima kasih. Salam hormat dan salut pada para relawan yang sudah mendaftar dan yang ingin membantu Indonesia dalam penanggulangan bencana COVID-19 ini," lanjutnya.

Para relawan ini nantinya akan ditugaskan di beberapa fasilitas kesehatan atau tempat yang membutuhkan. Ada sekitar 1.800 tenaga medis dan sekitar 4.000 tenaga non-medis, seperti teknisi, sopir, kebersihan, hingga administrasi yang mendaftar.

"Anda tidak sendiri. Karena kami semua bersama Anda dan semoga kita semua diberi kekuatan dan kesehatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala," pungkas Dandi.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)