Senin, 30 Mar 2020 17:32 WIB

5 Cara Pencegahan Virus Corona, Mulai dari Diri Sendiri

Muhammad Rifqie Putra - detikHealth
AS Izinkan Alat Tes Cepat Virus Corona 45 Menit Foto: DW (News)/5 Cara Pencegahan Virus Corona, Mulai dari Diri Sendiri
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan virus corona sebagai pandemi, dan jumlah kasusnya di dunia terus meningkat. Di Indonesia hingga hari ini tercatat jumlah warga terkena virus corona mencapai 1.414 kasus dengan 122 di antaranya meninggal dunia dan 64 kasus sembuh.


Orang berusia lanjut dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan kurang baik disebut paling rentan terkena virus corona. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona kian meluas .

Berikut langkah yang bisa dilakukan dihimpun dari New York Times:

1. Tetap di Rumah Sebisa Mungkin

Meskipun tak memiliki gejala sakit, Anda harus tetap berhati-hati untuk melindungi orang lain. Lakukan physical distancing atau social distancing, dasarnya adalah untuk berjarak dengan orang lain setidaknya 1 meter.

Para ahli percaya bahwa corona virus menyebar melalui tetesan, jadi membatasi paparan terhadap orang lain adalah cara yang baik untuk melindungi diri sendiri.

Hindari transportasi umum jika memungkinkan, batasi perjalanan yang tidak penting, bekerja dari rumah dan lewati pertemuan sosial. Jangan pergi ke restoran yang ramai atau pusat kebugaran yang sibuk. Anda bisa keluar rumah, selama Anda menghindari kontak dekat dengan orang.


2. Cuci Tangan dengan Sabun

Cuci tangan, cuci tangan, dan cuci tangan. Basahi tangan Anda dan gosok dengan sabun, berhati-hatilah di antara jari-jari Anda dan di bawah kuku Anda. Jangan gunakan tangan untuk menyentuh mata, hidung dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.

Pembersih tangan berbasis alkohol, yang harus digosokkan selama sekitar 20 detik, juga dapat bekerja, tetapi gel harus mengandung setidaknya 60 persen alkohol.


3. Tetap Pantau Informasi

Ada banyak informasi beredar, dan mengetahui apa yang terjadi akan sangat membantu melindungi keluarga Anda.



4. Jangan Menimbun Masker


Masker wajah telah menjadi salan satu 'senjata' melawan virus Corona. Namun menimbunnya mungkin lebih berbahaya daripada manfaatnya. Pertama, mereka tidak berbuat banyak untuk melindungi Anda. Kebanyakan masker bedah terlalu longgar untuk mencegah masuknya virus. Kedua, masker seharusnya diberikan kepada pekerja perawatan kesehatan dan mereka yang merawat orang sakit berada di garis depan. Hal ini bisa membatasi jumlah sumber daya masker bagi para dokter, perawat, dan relawan yang berjuang.


5. Persediaan Makanan, Obat-Obatan, dan Sumber Daya Lainnya Secara Bercukupan

Siapkan persediaan bahan makanan, perlengkapan rumah tangga, dan resep selama 30 hari, untuk berjaga-jaga. Jika Anda menggunakan obat resep, atau kekurangan pada hal-hal penting yang dijual bebas, pergi ke apotek lebih cepat daripada nanti. Dan, tanpa urutan tertentu, pastikan Anda menggunakan sabun, peralatan mandi, deterjen, kertas toilet, dan popok, jika Anda memiliki anak kecil.

Ingat! Jangan membeli hal ini secara berlebihan, jangan pentingkan ego Anda karena bukan hanya Anda saja yang butuh.

Itu tadi langkah-langkah preventif terhadap virus Corona, semoga detikers terbantu!



Simak Video "Tunda Liburan! Pilih Social Distancing di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)