Selasa, 31 Mar 2020 08:05 WIB

Gugus Tugas COVID-19 Bagikan Resep Hand Sanitizer ala BPOM

Ayunda Septiani - detikHealth
Fasilitas antiseptik gratis tersedia di halte TransJakarta Harmoni. Keberadaan antiseptik gratis itu sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus corona. Hand sanitizer (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Seiring meluasnya penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia dan langkanya persediaan hand sanitizer. Tidak perlu cemas jika tidak kebagian, kamu bisa membuatnya di rumah sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hand Sanitizer merupakan antiseptik dalam bentuk cair yang berfungsi menghambat atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan tubuh, salah satunya adalah kulit.
Antiseptik dapat digunakan untuk mencuci tangan, membersihkan permukaan kulit yang terluka, dan mengobati infeksi di rongga mulut.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan bahwa hand sanitizer bisa dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan yang telah direkomendasikan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dari WHO.

"Bahan-bahannya adalah ethanol 96 persen, gliserol 98 persen, hidrogen peroksida 3 persen, air steril atau aquades," kata Wiku di Graha BNPB, Jakarta, Senin (30/3/2020).

Meski penggunaan hand sanitizer dianjurkan, namun mencuci tangan dengan sabun dan dengan air mengalir masih menjadi cara paling ampuh untuk membunuh virus. Apabila tidak terdapat sabun, hand sanitizer bisa digunakan.

"Di antaranya adalah dengan menganjurkan kampanye mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer dan langsung mandi setelah beraktivitas di luar rumah," pungkas Wiku.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hand Sanitizer Digunakan Terus Menerus"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)