Rabu, 01 Apr 2020 14:27 WIB

China Laporkan 40.000 Kasus Virus Corona Tanpa Gejala

Ayunda Septiani - detikHealth
Sebanyak empat negara memiliki kasus virus Corona (Covid-19) terbanyak di dunia. Negara mana saja? Beberapa pasien virus corona tidak memiliki gejala sama sekali. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Otoritas kesehatan China melaporkan kasus-kasus tanpa gejala dari virus corona COVID-19. Ada kekhawatiran baru bahwa virus corona bisa menyebar kembali di kehidupan sehari-hari tanpa mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus atau tidak.

Dikutip dari Reuters, hingga saat ini, jumlah kasus tanpa gejala yang diketahui dan diklasifikasikan sudah mencapai 40.000 kasus menurut laman South Morning China, meskipun data resmi tersebut tidak dipublikasikan.

Otoritas kesehatan di provinsi Liaoning, mengatakan provinsi itu memiliki 52 kasus orang dengan virus corona yang tidak menunjukkan gejala pada Selasa (31/3). Lalu provinsi Hunan, memiliki 4 kasus tanpa gejala, dan semuanya kasus impor dari luar negeri.

Meski demikian, dalam upaya untuk menghilangkan ketakutan masyarakat terhadap kasus tersebut, China sudah menegaskan bahwa mereka akan segera membenahi metode itu. Mereka akan terus mencari kasus positif asimtomatik untuk kemudian diklasifikasikan ke dalam golongan kasus terkonfirmasi. Semua kasus akan dikarantina secara terpusat selama 14 hari. Dikatakan 1.541 orang dengan infeksi virus corona asimptomatik sedang diamati hingga Senin mendatang.

Kasus tanpa gejala biasanya hanya dapat diidentifikasi setelah melalui tes. Negara-negara yang punya kapasitas pengujian terbatas umumnya tak banyak bisa mendeteksi kejadian semacam ini.

Di China, hingga saat ini, sudah ada lebih dari 81.000 kasus COVID-19 yang terkonfirmasi, belum termasuk kasus tanpa gejala. Sebagian besar telah dinyatakan sembuh, dan 3.305 kematian.



Simak Video "Dear Orang Tua, Yuk Perketat Prokes Pada Anak!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)