Kamis, 02 Apr 2020 13:24 WIB

Bagaimana Virus Menginfeksi Sel? Ini Penampakan 'Live' di Bawah Mikroskop

Firdaus Anwar - detikHealth
Rekaman virus menginfeksi sel sehat. Virus bisa menembus dinding sel sehat. (Foto: Tatas Brotosudarmo)
Jakarta -

Virus corona COVID-19 diketahui menyerang sel pernapasan. Orang yang terinfeksi bisa mengalami peradangan paru-paru ringan sampai berat hingga akhirnya berujung pada gagal pernapasan.

Terkait hal tersebut, ahli spektroskopi Dr Tatas Brotosudarmo dari University of Bayreuth, Jerman, menunjukkan bagaimana persisnya virus menyerang sel di dalam tubuh.

Tatas menjelaskan bahwa di permukaan virus terdapat molekul reseptor yang berfungsi untuk menempel pada dinding sel sehat. Pada virus corona, reseptor ini bentuknya seperti 'paku' mengelilingi virus.

"Molekul reseptor inilah yang akan mengikat membran sel sehat. Ini sangat penting karena menentukan bagaimana virus dapat menginfeksi sel sehat tersebut. Apabila berhasil maka virus akan menembus membran sel sehat, masuk dan kemudian membajak sel sehat," papar Tatas.

Tatas memberi contoh dengan menggunakan human immunodeficiency virus (HIV) dan sel HeLa. Keduanya diberi pewarna berfluoresen sehingga bisa berpendar bila disinari laser dan mudah diamati di bawah mikroskop.

"Kira-kira sama (dengan corona)... Paling tidak polanya akan mirip," kata Tata pada detikcom, Kamis (2/4/2020).

Dalam video virus yang berpendar tampak meliuk-liuk di sekitar sel sehat. Hanya dalam hitungan detik virus berhasil menembus sel.

Berikut videonya:

[Gambas:Video 20detik]




(fds/up)