Jumat, 03 Apr 2020 11:10 WIB

Amerika Serikat Dituding 'Bajak' 60 Juta Masker Medis Pesanan Prancis

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
pakai masker Ilustrasi masker (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Masker medis pesanan Prancis dari China dibeli oleh Amerika Serikat saat otoritas Perancis tengah menunggu masker dimuat ke kargo.

"Orang Amerika membayar tiga atau empat kali harga dari jumlah yang kita bayar dan dalam bentuk tunai," jelas Jean Rottner, kepala daerah wilayah timur Prancis, salah satu daerah terparah yang terkena dampak virus corona, dikutip dari salah satu media lokal, France Info.

Otoritas Prancis menyebut sejumlah masker dibeli tepat di landasan pacu bandara sebelum akan dikirimkan. Bahkan, hal ini membuat beberapa pihak menuding AS sedang berusaha mendapatkan masker dengan cara apapun karena kasus virus corona di wilayah mereka sangat tinggi.

Untuk memastikan pengiriman 4 juta masker, kepala daerah Provence-Alpes-Cote d'Azur, Renaud Muselier, memilih rute pengiriman berbeda untuk menghindari 'pembajakan' dengan jalur laut. "Setidaknya dengan cara itu saya yakin tidak ada yang akan mencuri masker dari landasan pacu," katanya.

Sementara itu, di Washington, seorang pejabat senior administrasi mengatakan pemerintah AS tidak pernah membeli masker yang dimaksudkan untuk Prancis.

"Laporan yang bertentangan, benar-benar palsu," kata pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya dikutip dari AFP.



Simak Video "Ini Lho Cara Bedakan Masker Bedah Asli atau Palsu"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)