Senin, 06 Apr 2020 13:30 WIB

Harimau di AS Positif Corona, Bagaimana Uji Lab COVID-19 Pada Hewan?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Nadia, seekor harimau Malaysia 4 tahun penghuni kebun binatang New York, disebut positif terkena virus Corona dari karyawan. Ilustrasi harimau. (Foto: WCS via Reuters)
Jakarta -

Sebelumnya seekor harimau betina di Kebun Binatang Bronx, New York, Amerika Serikat (AS) dinyatakan positif terinfeksi virus corona COVID-19. Namun apakah tes corona yang dilakukan pada hewan dan manusia itu sama?

"Pengujian COVID-19 yang dilakukan pada harimau Malaya milik kami, dilakukan di laboratorium sekolah hewan dan bukan tes yang sama seperti digunakan untuk orang-orang," kata Dr Paul Calle, kepala dokter hewan Kebun Binatang Bronx, seperti dikutip dari New York Post.

"Kamu tidak bisa mengirim sampel manusia ke laboratorium dokter hewan, dan kamu tidak dapat mengirim tes hewan ke laboratorium manusia," lanjutnya.

Meski harimau ini diduga tertular virus corona dari salah seorang petugas kebun binatang, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan hingga kini belum ada penelitian tentang penularan virus ini dari hewan ke manusia.

Kebun Binatang Bronx pun telah ditutup sejak 16 Maret 2020 kemarin, karena penyebaran virus corona di Amerika Serikat sudah semakin mengkhawatirkan.



Simak Video "Tunda Liburan! Pilih Social Distancing di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)