Kamis, 09 Apr 2020 06:00 WIB

5 Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Tri Suharyati - detikHealth
Namaste gesture close up photo, young attractive woman practicing yoga, working out, wearing wrist bracelets and rings, indoor, yoga studio, behind the shoulder view. Contemplation concept Olahraga untuk kesehatan jantung. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang wajib dilakukan untuk hidup sehat dan panjang umur. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar tentunya harus dilengkapi dengan cara berolahraga.

Terutama menjaga organ vital jantung. Jantung merupakan organ vital utama ada tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Jantung bekerja sebagai pompa darah yang akan mengalir keseluruh tubuh.

Namun, jika jantung kamu tidak sehat akan berisiko dengan berbagai penyakit. Selain menjaga pola hidup sehat dalam kegiatan sehari-hari, olahraga juga penting untuk kesehatan jantung.

Dengan begitu ada 5 rekomendasi olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung kamu:

1. Lari

Olahraga ini mungkin yang paling mudah untuk dilakukan. Dengan lari kamu bisa mendapatkan efek yang sangat positif untuk kesehatan jantung. Jika tak terbiasa lari, kamu bisa memulainya dengan jogging selama 15 menit terlebih dahulu. Lalu tambah waktu dan jarak, hingga mampu menyelesaikan jarak dan waktu sesuai dengan kemampuan. Lari bisa membakar glikogen atau karbohidrat yang tersimpan di otot. Setelah lari jangan lupa untuk melakukan pendinginan.

2. Berenang

Olahraga air satu ini juga bisa membuat jantung kamu lebih sehat. Berenang sama seperti latihan aerobik, dapat menguatkan dan memperbesar jantung sehingga membuatnya lebih efisien dalam memompa. Dengan begitu, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Jika kamu tidak bisa berenang, gunakanlah alat bantu renang seperti ban renang atau papan renang.

3. Yoga

Olahraga satu ini juga bisa kamu lakukan dimana aja seperti di rumah. Jika kamu tidak terlalu menyukai olahraga yang terlalu berat, yoga bisa menjadi solusinya. Berlatih yoga membawa kesadaran pada tubuh, pikiran, dan emosi yang menyelaraskan kesehatan fisik dan mental.

Yoga membangun kesehatan kardiovaskular, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan fungsi pernapasan, detak jantung, meningkatkan sirkulasi darah, membangun otot, dan mengurangi peradangan.

4. Bersepeda

Olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja, selain melatih otot-otot pada tubuh, bersepeda juga bisa membantu jantung kamu bekerja lebih baik. Beberapa penelitian juga menyatakan, dengan bersepeda dapat mengurangi sakit pada jantung.

5. Angkat Beban

Angkat beban menggunakan barbel juga sangat penting untuk kesehatan jantung kamu. Tidak perlu barbel yang beratnya berlebihan, kamu cukup mengangkat beban yang kecil-kecil saja namun rutin dilakukan. Dengan begitu otot-otot dalam tubuh dapat bekerja secara optimal dan menurunkan denyut nadi pada jantung.



Simak Video "Pentingnya Deteksi Jantung saat Berolahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)