Jumat, 10 Apr 2020 09:15 WIB

Ahli Epidemologi Sebut Obesitas Bisa Jadi Faktor Risiko Terinfeksi Virus Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi pria obesitas Ahli sebut obesitas jadi faktor resiko terkena corona. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Seorang ahli epidemiologi asal Perancis, Profesor Jean-François Delfraissy mengatakan obesitas bisa menjadi faktor risiko terinfeksi virus Corona COVID-19. Ia mengatakan, anak muda terutama yang mengalami kelebihan berat badan harus berhati-hati.

"Itulah sebabnya, kita khawatir Amerika yang diketahui memiliki masalah obesitas paling besar bisa lebih rentan," ujarnya yang dikutip dari Reuters.

Delfraissy mengatakan, sebanyak 17 juta dari 67 juta warga Prancis yang berisiko serius terinfeksi COVID-19 yaitu lanjut usia, ada penyakit penyerta, dan obesitas. Sebanyak 88 persen dari mereka yang terinfeksi itu hanya menunjukkan gejala seperti flu saja.

Ia menyebutkan, tingkat kematian anak muda karena COVID-19 ini sebanyak 2 persen. Tapi, saat mereka lebih rapuh, misalnya mengalami obesitas dan penyakit penyerta bisa melonjak menjadi 14 persen.

Di Prancis sendiri, kasus virus Corona di sana terus meningkat sejak pertengahan Maret. Jika sebelumnya 30.000 setiap hari, dan akan meningkat dalam dua minggu menjadi 100.000-250.000 kasus per harinya.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)