ADVERTISEMENT

Rabu, 15 Apr 2020 15:31 WIB

Jalani Pengobatan Corona, Istri Tom Hanks Alami Efek Samping Klorokuin

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
SANTA MONICA, CA - SEPTEMBER 25:  Actress Rita Wilson (L) and husband actor Tom Hanks arrive at the 23rd Annual Simply Shakespeare Benefit reading of The Two Gentleman of Verona at The Broad Stage on September 25, 2013 in Santa Monica, California.  (Photo by Kevin Winter/Getty Images) Tom Hanks dan Rita Wilson Foto: Getty Images
Jakarta -

Klorokuin atau obat antimalaria sempat digunakan dan disebut ampuh untuk mengobati virus Corona COVID-19, meski belum diketahui efektivitasnya. Tapi, ternyata obat tersebut memiliki efek samping yang ekstrem untuk tubuh.

Hal ini dialami oleh istri dari aktor Hollywood Tom Hanks, Rita Wilson. Rita mengatakan diberi obat tersebut setelah ia dan suaminya dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 saat berada di Australia, bulan lalu.

Namun, bukannya membantu untuk mengalahkan virus, obat tersebut malah memberikan efek samping yang ekstrim untuk dirinya. Ia merasa mual, vertigo, dan otot-ototnya melemah setelah mengkonsumsi obat tersebut.

"Kita harus mempertimbangkan penggunaan obat ini. Kami tidak tahu apakah aman untuk ini (obat COVID-19)," jelasnya.

Mengutip dari New York Post, meski efek sampingnya yang ekstrem, obat ini tetap masih diandalkan untuk mengatasi COVID-19 dengan versi yang baru yang disebut hidroksiklorokuin. Bahkan sekelompok dokter menyebut obat ini paling efektif, yang dalam beberapa kasus malah dinilai mematikan.

Belum lama ini, peneliti juga menghentikan studi di Brazil untuk melakukan uji coba obat tersebut. Ini karena bisa menyebabkan komplikasi jantung yang berpotensi kematian.

Selain itu, sejak Tom Hanks dan istrinya dinyatakan sembuh dari COVID-19, mereka menyumbangkan darahnya untuk keperluan penelitian. Mereka berharap agar antibodi mereka bisa digunakan untuk mengembangkan vaksin untuk melawan COVID-19.



Simak Video "Kasus Harian Covid-19 Jepang Tembus 100.000"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT