Kamis, 16 Apr 2020 15:18 WIB

Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Keseringan Menatap Gadget Saat WFH

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi seorang wanita yang mengalami sakit kepala Sakit kepala (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Pandemi virus Corona membuat sebagian besar pekerja melakukan aktivitasnya di rumah atau menjalani WFH (work from home). Meski WFH dipercaya bisa mengurangi penyebaran virus Corona, ada beberapa keluhan yang bisa dirasakan pekerja saat bekerja di rumah salah satunya sakit kepala karena terlalu lama menatap layar gadget.

"Bukan rahasia lagi bahwa paparan yang berlebihan pada gadget dapat menyebabkan sakit kepala dan masalah penglihatan. Sekarang kita semua bekerja dari rumah sehingga akan menghabiskan waktu lebih banyak di belakang layar sehingga risiko sakit kepala meningkat," kata Dr Aragona Giuseppe, GP, penasehat medis di Prescription Doctor, mengutip Mirror.



Karena itu untuk mengurangi sakit kepala salah satunya dengan meredupkan blue light filter yang ada di ponsel atau gadget. Pajanan blue light jika berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala dan masalah mata. Bisa juga dengan memakai kacamata khusus yang bisa menyerap cahaya biru sehingga membantu mengurangi ekspos terhadap gelombang cahaya tersebut.

Dokter juga menyarankan untuk membatasi waktu bekerja dan beristirahat sejenak dari layar. Selain itu di malam hari usahakan mengurangi nonton TV atau menggunakan sosial media. Bisa mencoba kegiatan lain seperti membaca, berolahraga atau bermain dengan keluarga.

"Anda juga harus memastikan untuk mengambil jeda saat bekerja misalnya saat makan siang untuk berjalan dan meregangkan tubuh dan beristirahat dari layar. Pastikan makan makanan bergizi serta minum cukup air setiap hari agar tetap terhidrasi. Dianjurkan delapan gelas sehari," pungkasnya.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)