Kamis, 16 Apr 2020 17:52 WIB

Bantu Atasi Corona, Laboratorium Kalbe Mampu Lakukan 4.000 Tes/Bulan

Angga Laraspati - detikHealth
Kalbe Foto: dok Kalbe
Jakarta -

Dalam mengatasi penyebaran Virus Corona di Indonesia, PT Kalbe Farma Tbk melalui anak usahanya Laboratorium Klinik KalGen Innolab siap menyediakan layanan pemeriksaan COVID-19. Layanan pemeriksaan yang dilakukan menggunakan metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang merupakan gold standard untuk pemeriksaan Corona.

Bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19, laboratorium ini memiliki kapasitas awal pemeriksaan sejumlah 140 test per hari atau sekitar 4000 tes sebulan.

"Namun, KalGen Innolab sedang dalam proses peningkatkan kapasitas pemeriksaannya menuju ke 8000 test per bulan," ungkap Direktur PT Kalbe Farma Sie Djohan dalam keterangan tertulis, Kamis (16/4/2020).

Metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) dilakukan dengan cara mendeteksi RNA virus SARS-COV2, sebagaimana menjadi standar baku Pemerintah Indonesia dan dunia. Saat ini KalGen Innolab telah memiliki fasilitas dengan Biosafety Level (BSL) 2+, alat pemeriksaan dan sumber daya manusia terlatih sesuai syarat yang ditetapkan Kementerian Kesehatan melalui surat edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/Menkes/234/2020.

Djohan menambahkan, hasil pemeriksaan dengan metode RT PCR ini dapat diketahui hasilnya dalam waktu 2 hari kerja setelah sampel diterima dari rumah sakit atau fasilitas kesehatan. Seluruh pemeriksaan COVID-19 tersebut juga telah mengikuti Pedoman Pemeriksaan Uji Real Time-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan.

KalbeKalbe Foto: dok Kalbe

Nantinya, KalGen Innolab hanya akan menerima sampel rujukan dari rumah sakit secara gratis dan tidak melayani pasien perorangan secara langsung. Pengambilan sampel dari swab/usapan hidung dan tenggorokan bisa dilakukan di rumah sakit yang menyediakan layanan tersebut.

"Kalbe akan terus mendukung pemerintah mengatasi pandemi COVID-19 dan menjadi laboratorium swasta pertama yang mampu menyiapkan fasilitas laboratorium dengan Biosafety Level 2+, alat pemeriksaan dan sumber daya manusia yang terlatih untuk melakukan pemeriksaan COVID-19," kata Djohan.

Selain itu, Djohan mengatakan dari awal pandemi udah sudah merebak Kalbe sudah memberikan bantuan tahap awal sebesar Rp 25 Miliar yang diberikan dalam bentuk tes PCR sebanyak 5.000 test yang dilakukan di laboratorium Kalgen Innolab secara cuma-cuma kepada rumah sakit rujukan. Lalu, melakukan 10.000 rapid test yang juga dilakukan secara gratis untuk nantinya pasien yang terinfeksi akan melakukan test PCR,

Kalbe juga menyumbangkan 20.000 APD, 1 juta masker, dan juga vitamin serta obat-obatan produk dari Kalbe yang akan disumbangkan kepada berbagai rumah sakit di Jakarta dan juga ke beberapa daerah.

Sebagai informasi, Laboratorium Klinik KalGen Innolab adalah laboratorium klinik milik PT Innolab Sains Internasional, perusahaan Joint Venture antara PT Kalbio Global Medika (anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk) dengan Toyota Tsusho Corporation (TTC) dan Health Sciences Research Institute, Inc. (HSRI) Jepang. KalGen Innolab saat ini memiliki layanan laboratorium klinik untuk pemeriksaan patologi klinik, patologi anatomi, biomolekuler dan mikrobiologi.



Simak Video "Penggunaan Massal Vaksin GX19 Diprediksi di Agustus 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)