ADVERTISEMENT

Rabu, 22 Apr 2020 11:18 WIB

Pernah Bawa-bawa Toilet Pribadi, Kim Jong Un Sebenarnya Sakit Apa?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Rumor soal menurunnya kondisi Kim Jong-Un beredar. Orang nomor satu di negara komunis itu dikabarkan menjalani operasi terkait kardiovaskular. Kim Jong Un (Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun)
Jakarta -

Kabar miring kesehatan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un telah menghebohkan dunia. Menurut beberapa laporan menyebutkan bahwa Kim Jong-Un mengalami sakit keras setelah menjalani operasi bedah jantung.

Namun, hingga kini belum ada informasi resmi tentang kondisinya, lantaran kondisi Korea Utara (Korut) yang sangat tertutup. Terlebih ini menyangkut tentang informasi keadaan pemimpin negara tersebut.

Dikutip dari New York Post, pada pertemuan bersejarah antara Korea Utara dan Korea Selatan, 27 April 2018, Kim Jong-Un sempat membawa toilet sendiri saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) bersama Presiden Moon Jae-in. Ini dilakukan untuk meminimalkan risiko tereksposnya kondisi kesehatan yang dimiliki Kim Jong-Un melalui urine dan juga kotoran.

"Daripada menggunakan toilet umum, pemimpin Korea Utara memiliki toilet pribadi yang selalu disiapkan ketika ia bepergian," ucap Lee Yun-Keol, kepala penelitian Korea Utara di Institut Analisis Pertahanan Korea (KIDA).

"Hasil pembuangan pencernaan dari pemimpin mengandung informasi tentang status kesehatannya, sehingga tidak dapat ditinggalkan," lanjutnya.



Simak Video "Penampilan Kim Jong Un Bermasker Usai Korut Konfirmasi Kasus Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT