Kamis, 23 Apr 2020 11:04 WIB

Keluarga Donasikan Ventilator Stephen Hawking untuk Bantu Pasien Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Stephen Hawking Ventilator Stephen Hawking didonasikan untuk bantu pasien Corona. (Foto: Reuters/MIKE HUTCHINGS)
Jakarta -

Keluarga ilmuwan Stephen Hawking dikabarkan menyumbangkan ventilator pribadi milik fisikawan tersebut untuk salah satu rumah sakit di Inggris. Harapannya ventilator itu dapat membantu tenaga medis dan pasien yang sedang menghadapi wabah virus Corona COVID-19.

Stephen Hawking meninggal pada Maret 2018 lalu di usia 76 tahun setelah hampir seumur hidup berjuang dengan penyakit autoimun.

Sang anak, Lucy Hawking, mengatakan ventilator yang disumbangkan ke Royal Papworth Hospital juga sebagai bentuk terima kasih karena dulu telah merawat Stephen.

"Keluarga Professor Stephen Hawking telah menyumbangkan ventilator miliknya untuk Royal Papworth Hospital karena peduli terhadap jumlah pasien COVID-19 yang terus meningkat," kata pihak rumah sakit seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (23/4/2020).

"Kami sangat berterima kasih pada keluarga Stephen Hawking karena telah memberikan dukungannya di masa sulit ini," lanjut rumah sakit.

Ventilator kini jadi salah satu peralatan medis yang banyak dicari dan mengalami kelangkaan. Alat ini diperlukan untuk membantu pernapasan pasien COVID-19 yang mengalami penurunan fungsi paru-paru.



Simak Video "Mari Lakukan Protokol Kesehatan untuk Membantu Sesama"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)