Senin, 27 Apr 2020 16:05 WIB

Menu Sehat yang Dianjurkan Saat Buka dan Sahur bagi Penderita Maag

Inkana Putri - detikHealth
Menu ramadhan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Sudah memasuki Bulan Ramadhan, ada baiknya untuk menyiapkan segala kebutuhan harian di bulan puasa mulai dari sekarang. Saat berpuasa, menu sahur dan berbuka menjadi dua hal penting yang harus diperhatikan, apalagi jika Anda memiliki gangguan maag.

Memiliki gangguan maag memang sering sekali membuat cemas saat menjalani puasa. Agar puasa tetap lancar, yuk coba menu sahur dan buka puasa sehat bagi penderita maag seperti dilansir dari Hamad Medical Coorporation berikut ini.

Menu Iftar atau Buka Puasa

Seperti yang telah diajarkan Nabi Muhammad SAW, mulailah berbuka puasa dengan tiga buah kurma dan satu gelas air. Cobalah untuk hindari berbuka puasa dengan gorengan. Lalu, cobalah untuk mengonsumsi sup setiap hari, namun hindari sup berlemak seperti sup krim atau sup daging.

Selanjutnya, Anda bisa mulai dengan makanan pembuka seperti salad, dan lanjut ke hidangan utama. Pastikan hidangan utama Anda mengandung karbohidrat, seperti pasta, roti, atau nasi. Saat berbuka, dianjurkan untuk membagi makan berbuka menjadi dua makanan, yaitu makan sedikit hidangan
sebelum salat dan kemudian makan makanan lainnya setelah salat.

Camilan Malam

Jika Anda termasuk orang yang suka ngemil, konsumsilah camilan yang ringan dan sehat seperti buah, kacang-kacangan, biskuit, roti gandum, atau camilan sehat lainnya. Namun, jangan biarkan diri Anda langsung tidur begitu saja setelah ngemil. Hal ini bisa berdampak terhadap kesehatan pencernaan Anda.

Menu Sahur

Waktu terbaik untuk makan sahur adalah setengah jam sebelum azan subuh. Ada baiknya saat sahur Anda mengonsumsi makanan yang ringan seperti roti gandum utuh dengan sepotong buah, sereal dengan susu segar plus buah-buahan kering. Hal penting lainnya yang harus diingat adalah jangan pernah untuk meninggalkan sahur. Pasalnya, makanan yang dikonsumsi saat sahur membantu tubuh tetap berenergi dan mencegah dari gangguan pencernaan, termasuk maag.

Nah, itulah beberapa menu sehat yang bisa Anda terapkan saat berbuka puasa dan sahur. Kalau sakit maag kambuh di tengah-tengah aktivitas puasa, Anda bisa konsumsi POLYSILANE saat berbuka dan sahur. POLYSILANE adalah obat maag dan anti kembung yang bekerja menetralkan asam lambung dan
meredakan kembung.

Berfungsi meredakan gejala kelebihan asam lambung, gastritis, tukak lambung, tukak usus dua belas jari, POLYSILANE memiliki rasa mint yang segar tanpa rasa kapur. Sehingga terasa segar di mulut nyaman di perut tanpa menimbulkan rasa mual dan rasa eneg saat diminum.

Buat Anda yang memiliki masalah lambung, pastikan untuk teratur minum POLYSILANE agar kesehatan lambung tetap terjaga. POLYSILANE tersedia dalam dua varian yaitu sirup dan tablet sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

(prf/ega)