Rabu, 29 Apr 2020 10:33 WIB

10 Gejala Serangan Jantung pada Wanita yang Sering Diabaikan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi sakit jantung Tanda-tanda serangan jantung pada wanita kerap diabaikan. (Foto: iStock)
Jakarta -

Penyakit jantung atau kardiovaskular masih menjadi salah satu penyakit pembunuh teratas di dunia, selain kanker. Bahkan tanpa sadar, orang yang mengidapnya tidak tahu kalau penyakit mematikan itu ada dalam tubuhnya, terutama wanita.

Wanita juga rentan mengidap penyakit tersebut, terutama serangan jantung. Tanda atau gejala yang muncul pun sering disalahartikan dan bisa berakibat fatal. Dirangkum dari Asia One, berikut ini 10 gejala serangan jantung pada wanita yang mungkin sering dialami dan terlewatkan.

1. Nyeri pada bahu, leher, rahang, dan telinga

Gejala yang mungkin disalah artikan adalah nyeri pada bahu, leher, rahang, atau telinga ini. Rasa nyeri yang muncul sering dianggap sebagai rasa pegal biasa karena beraktivitas, padahal tidak.

Sensasi menyakitkan ini semakin lama bisa meluas ke lengan dan otot terasa ditarik. Jika kamu merasakan hal ini di saat tidak beraktivitas apapun, bisa jadi itu tanda dari serangan jantung.

2. Berkeringat atau merasa gerah

Saat cuaca hangat atau panas, wajar jika tubuh berkeringat dan merasa gerah. Tapi, kamu harus waspada bila merasakannya saat lingkungan di sekitarmu dalam cuaca yang normal.

Sensasi itu disebut hot flash, yang biasanya dialami wanita yang menopause. Namun, hal ini bisa diidentifikasikan sebagai gejala dari serangan jantung.

3. Mual dan gangguan pencernaan

Masalah gastrointestinal seperti mual dan gangguan pencernaan tidak selamanya disebabkan karena keracunan atau gangguan umum yang terjadi di pagi hari. Ini bisa termasuk dalam salah satu gejala serangan jantung.

4. Mudah lelah

Beberapa minggu atau bulan sebelum seseorang mengalami serangan jantung, orang tersebut mungkin akan merasakan rasa lelah yang ekstrem, sampai tidak bisa menjalani rutinitas sehari-hari.

Jika kamu merasakannya, segera konsultasikan kondisi kamu ke dokter sebelum terlambat mengatasinya.

5. Sesak napas

Sesak napas saat ini juga menjadi tanda dari infeksi virus Corona yang harus diperhatikan. Tapi, tidak hanya COVID-19 gejala ini juga muncul pada penderita serangan jantung. Saat napas mulai sering terasa berat dan sesak saat beraktivitas ringan sekalipun, segera konsultasi ke dokter.

6. Insomnia

Sulit tidur atau insomnia ternyata bisa menjadi salah satu tanda serangan jantung. Kondisi ini digambarkan si pasien merasa tidak bisa tidur selama berminggu-minggu. Bahkan tidak jarang mereka akan terbangun dan susah untuk kembali tidur.

7. Dada terasa tertekan

Berbeda dari pria, wanita yang mengidap penyakit jantung atau serangan jantung cenderung merasa tertekan seperti ada beban di dadanya. Pada kondisi itu, mereka merasa ada sesuatu yang menekan paru-paru, sehingga kesulitan untuk bernapas.

8. Pusing

Pada wanita, salah satu gejala yang mungkin sering dirasakan adalah pusing atau sakit kepala. Tetapi, jika itu tidak tertahan bisa-bisa si penderita jatuh pingsan.

9. Kecemasan dan stres

Gejala yang satu ini bisa dipicu oleh berbagai hal, mulai dari pekerjaan hingga rutinitas sehari-hari. Tapi, siapa sangka kalau kondisi ini justru mengindikasi datangnya serangan jantung.

10. Sulit berkonsentrasi

Terlalu sering sulit berkonsentrasi dalam melakukan sesuatu seharusnya jangan dianggap remeh. Kondisi ini bisa jadi gejala dari serangan jantung yang sering sekali diabaikan.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)