Rabu, 06 Mei 2020 19:29 WIB

3 Kasus 'Positif' Lagi Setelah Sembuh dari Corona di Indonesia

Anjar Mahardhika - detikHealth
Pemerintah Kota Bekasi menggelar tes massal corona terhadap penumpang KRL di Stasiun Bekasi. Tes kali ini menggunakan alat yang lebih akurat berupa polymerase chain reaction (PCR). Agung Pambudhy/Detikcom. 

1. Penumpang Commuter line mengikuti test massal COVID 19 dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Selasa (5/5/2020).
2. Sebanyak 300 penumpang kereta dipilih secara random mengikuti tes ini. 
3. Metode tes PCR adalah mengetes spesimen yang diambil dari dahak di dalam tenggorokan dan hidung lalu diswab. 
4. Tes ini dianggap paling akurat dibandingkan rapid test yang hanya untuk mendeteksi reaksi imun dalam tubuh.
5. Data terkini kasus positif Covid-19 di Kota Bekasi telah mencapai 249 orang. Pasien sembuh corona 126, dalam perawatan 95, sedangkan meninggal 28 orang.
6. Test ini dibantu petugas dari RSUD Kota Bekasi dan Dinkes Kota Bekasi.
7. Sebelum masuk ke stasiun, penumpang lebih dulu menjalai tes PCR secara acak. Setelah itu, sampel lemdir dari hidung akan diuji di Labiratorium Kesehatan Kota Bekasi.
8. Hasil pemeriksaan ini diharapkan memberi gambaran kondisi penumpang ‎KRL apakah ada yang terpapar COVID-19 atau tidak.
9. Sebelumnya di KRL ada tiga orang yang dinyatakan positif virus COVID-19 berdasarkan hasil test swab PCR yang dilakukan pada 325 calon‎ penumpang dan petugas KAI di Stasiun Bogor. 
10. Sejumlah kepala daerah meminta pemerintah pusat untuk menstop operasional KRL guna menghambat penyebaran virus COVID-19
11. Hingga 4 Mei 2020 di Indonesia terdapat 11.587 kasus COVID-19 dengan kasus kematian 864 meninggal dan 1.954 sembuh.
12. Sampai kemarin pemerintah telah menguji 112.965 spesimen dari 83.012 orang di 46 laboratorium. Virus Corona COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Pada beberapa kasus, pasien yang telah dinyatakan sembuh dari virus Corona COVID-19 kembali terinfeksi untuk kedua kalinya. Di Indonesia, sedikitnya sudah ada 3 kasus yang dilaporkan.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih mengingatkan pasien sembuh Corona masih bisa tertular lagi. Maka perlu untuk tetap menjaga jarak selama pandemi Corona.

"Di beberapa kasus seperti ini juga terjadi sehingga perlu tetap hati-hati bagi yang sembuh bisa terinfeksi kembali," kata Daeng ketika dihubungi detikcom, Rabu (6/5/2020).

Berikut 3 kasus pasien Corona yang kembali dinyatakan positif usai sembuh, dirangkum detikcom pada Rabu (6/4/2020).

1. Kasus di Blitar, Jawa Timur

Salah satu dari dua warga asal Blitar yang dinyatakan positif Corona yaitu wanita berusia 37 dan 69 tahun asal Kecamatan Srengat dan Kecamatan Selopuro kembali positif usai sembuh. Juru bicara Tugas COVID-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti, membenarkan hal tersebut.

"Yang Srengat, ini dulunya PDP dari klaster pelatihan petugas haji dan dinyatakan sembuh pada 1 April. Hasil swab kedua negatif, keluar rumah sakit kemudian isolasi mandiri. Tapi yang bersangkutan mengalami gejala klinis lagi, dites rapid positif (reaktif). Lalu di tes swab tanggal 15 April dan hari ini hasilnya keluar terkonfirmasi positif," jelas Krisna di grup percakapan jurnalis COVID-19 Blitar, Selasa (28/4/2020).

2. Ajudan Wakil Gubernur Sumatera Utara

Ori Kurniawan, ajudan dari Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (Ijek) kembali positif setelah dinyatakan sembuh dari virus Corona. Ori sebelumya menerima perawatan di RS Adam Malik Medan pada bulan lalu, dan dinyatakan sembuh. Pada Senin (4/5/2020) ia kembali dinyatakan positif setelah dites ulang.

3. Mantan Putri Pariwisata Indonesia 2008

Albertina Fransisca Mailoa yang pernah menjabat sebagai Indonesia World Miss University 2007 dan Putri Pariwisata Indonesia 2008, dinyatakan dua kali positif virus Corona.

Pada 26 Maret lalu setelah menjalani tes swab ia dinyatakan positif virus Corona. Setelah melakukan tes swab kedua hasil menunjukkan ia negatif dari virus tersebut dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Namun ia kembali melakukan tes setelah pada 13 April mengalami demam kembali. Usai melakukan pemeriksaan ia kembali dinyatakan positif virus Corona COVID-19.



Simak Video "Riset Ahli Soal Kasus Pasien Sembuh Corona Kembali 'Terinfeksi'"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)