Kamis, 07 Mei 2020 11:13 WIB

Viral 3 Jenazah ABK WNI Dilarung ke Laut, Bisakah Mayat Sebar Penyakit?

Firdaus Anwar - detikHealth
3 Jenazah ABK WNI yang Dilarung ke Laut Disebut Idap Penyakit Menular Viral tiga jenazah ABK berstatus WNI dilarung ke laut. (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Sebanyak tiga jenazah anak buah kapal (ABK) berstatus warga negara Indonesia (WNI) dilarung ke laut. Pemerintah China menyebut pelarungan jenazah WNI itu sesuai prosedur dan terpaksa dilakukan untuk menjaga keamanan dan kesehatan awak kapal lainnya.

"Kapten kapal menjelaskan bahwa keputusan melarung jenazah karena kematian disebabkan penyakit menular," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha, dalam keterangannya, Kamis (7/3/2020).

Tidak dijelaskan lebih rinci penyakit menular apa yang menyebabkan kematian ABK WNI tersebut. Dalam video yang beredar, tampak sejumlah orang melempar karung jenazah berwarna orange dari tepi kapal ke laut.

Dikutip dari The Guardian, ahli kesehatan masyarakat Oliver Morgan dari London School of Hygiene and Tropical Medicine menjelaskan sebetulnya jenazah tidak mudah menularkan penyakit. Risiko hanya mungkin dialami oleh mereka yang menangani langsung jenazah.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kebanyakan virus dan bakteri di dalam tubuh umumnya mati sendiri setelah sekitar 24 jam kematian.

WHO merekomendasikan orang-orang yang menangani jenazah di situasi darurat, seperti misalnya setelah bencana, agar memakai pelindung diri untuk menghindari risiko terpapar kuman penyakit yang mungkin ada di cairan tubuh jenazah. Contoh penyakit yang mungkin bisa menular seperti hepatitis dan tuberkulosis.



Simak Video "Gegara COVID-19, Indonesia 'Ditakuti' Negara Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)