Jumat, 08 Mei 2020 18:00 WIB

Mengenal Jenis Tumor Otak, Penyakit yang Diidap Adi Kurdi 'Keluarga Cemara'

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Adi Kurdi (Antara) Adi Kurdi, pemeran Abah dalam Keluarga Cemara, meninggal dunia. (Foto: Adi Kurdi (Antara))
Jakarta -

Adi Kurdi, pemeran Abah dalam sinetron 'Keluarga Cemara' meninggal dunia tadi pukul 11.30 WIB di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional. Adi Kurdi meninggal dunia karena tumor otak yang dideritanya.

"Jadi tumor otak. Ada penyumbatan dan sekarang ini penuh cairan padahal sudah disedot," jelas Istri Adi Kurdi, Bernadetta Siti Restyratuti atau akrab disapa Tuti kepada detikcom, Jumat (8/5/2020).

Dikutip dari Mayo Clinic, terdapat beberapa jenis tumor otak yakni:

1. Tumor otak sekunder (metastasis)

Ini merupakan tumor yang berasal dari kanker di bagian tubuh lainnya, yang kemudian menyebar (bermetastasis) ke otak. Setiap kanker dapat menyebar ke otak, tetapi yang umum adalah kanker payudara, kanker usus besar, kanker ginjal, kanker paru-paru, dan melanoma atau kanker kulit.

2. Tumor otak primer

Tumor jenis ini berasal dari otak itu sendiri atau jaringan yang berada di dekatnya seperti selaput otak (meninges), saraf kranial, kelenjar pituitari, atau kelenjar pineal. Tumor otak primer dimulai ketika sel-sel normal mengalami kesalahan mutasi dalam deoxyribonucleic acid (DNA) mereka.

Mutasi ini memungkinan sel untuk tumbuh dan membelah dengan laju yang meningkat sehingga sel yang sehat akan mati. Hasilnya, membentuk sel menjadi abnormal dan juga tumor.

Berikut jenis tumor otak primer:

- Glioma. Tumor ini dimulai di otak atau sumsum tulang belakang dan termasuk astrositoma, ependymoma, glioblastoma, oligoastrocytoma, dan oligodendroglioma.

- Meningioma. Meningioma adalah tumor yang muncul dari selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang (meninges). Sebagian besar meningioma bersifat non-kanker.

- Neuroma akustik (schwannoma). Ini adalah tumor jinak yang berkembang pada saraf yang mengontrol keseimbangan dan pendengaran yang mengarah dari telinga bagian dalam ke otak.

- Adenoma hipofisis. Sebagian besar adalah tumor jinak yang berkembang di kelenjar hipofisis di dasar otak. Tumor ini dapat mempengaruhi hormon hipofisis dengan efek di seluruh tubuh.

- Medulloblastomas. Ini merupakan tumor otak yang paling umum terjadi pada anak-anak. Medulloblastoma dimulai di bagian belakang bawah otak dan cenderung menyebar melalui cairan tulang belakang. Tumor jenis ini jarang terjadi pada orang dewasa.

- Tumor sel germinal. Tumor sel germinal dapat berkembang selama masa kanak-kanak di masa kanak-kanak di mana testis atau ovarium akan berbentuk. Tetapi terkadang tumor sel germinal juga bisa mempengaruhi bagian lain dari tubuh seperti otak.



Simak Video "Biar Nggak Tegang, Petugas Damkar Swab Test Diiringi Musik Dangdut"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)