Minggu, 10 Mei 2020 08:56 WIB

Makin Tipis Harapan Cuaca Hangat Bakal Hentikan Corona

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Warga melakukan olahraga di Pantai La Concha di San Sebastian pada 2 Mei  2020 tak lama setelah pemerintah mengizinkan warga keluar rumah untuk kali pertama sejak lockdown nasional untuk memutus rantai COVID-19. Warga diizinkan keluar rumah untuk berolahraga dalam tempo 48 jam sejak 26 April sebagai perpanjangan awal lockdown pada 14 Maret. (Photo by ANDER GILLENEA / AFP) Warga Spanyol mulai beraktivitas di luar rumah setelah lockdown dilonggarkan (Foto: AFP/ANDER GILLENEA)
Jakarta -

Harapan pandemi virus Corona COVID-19 akan mereda saat di musim panas ketika cuaca jadi lebih hangat, makin tipis. Riset terbaru menunjukkan kaitannya dengan suhu sangat lemah.

Para peneliti dari Amerika Serikat dan Kanada mengatakan risiko penularan hanya berkurang 1,5 persen tiap kenaikan suhu 25 derajat celcius. Dari hasil analisis pada 370 kasus di Amerika Utara, disimpulkan bahwa musim panas tidak akan serta merta mengakhiri pandemi virus Corona.

Riset yang dipubikasikan di The Canadian Medical Association Journal tersebut menemukan kaitan cuaca dengan perkembangan epidemik. Para peneliti justru melihat kaitan yang lebih kuat dengan pembatasan-pembatasan sosial.

"Hanya intervensi kesehatan masyarakat yang secara konsisten berhubungan dengan pertumbuhan epidemik yang melambat," tulis para ilmuwan dari University of Toronto yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari Foxnews.



Simak Video "WHO Minta Tiap Negara Transparan soal Kasus COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)