Jumat, 15 Mei 2020 19:00 WIB

YouTuber Remehkan Corona, Dokter: Terserah, Tapi Jangan Tulari Orang Lain

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Indira Kalistha Youtuber Indira Kalistha tidak mau gunakan masker saat pandemi Corona. (Foto: Indira Kalistha (YouTube Gritte))
Jakarta -

Cuplikan video wawancara seorang YouTuber Indira Kalistha, viral di media sosial. Ia menjadi bahan perbincangan para netizen karena mengaku ogah pakai masker dan cuci tangan di masa pandemi virus Corona COVID-19.

"Enggak, aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask aku pakai setiap hari. Kalau masker yang udara-udara gitu enggak dipakai kecuali ditegur kayak 'bu pakai maskernya ya'. Tapi kalau enggak ditegur ya kita lepas lagi. Ini napas sayang-sayang ditutup-tutup gitu loh. Sesak nih dada juga sesak ye," ucap Indira Kalistha dalam vlog bersama youtuber lain, Gritte Agatha, dan ramai dibagikan pengguna media sosial.

Menanggapi hal ini, seorang dokter jantung yang juga influencer kesehatan, dr Vito Damay merasa cukup kecewa dengan YouTuber tersebut, dan lebih memilih untuk mendoakan Indira agar tidak menularkan ke orang lain apabila terkena sakit.

"Aku mau jawab 'terserah dia sajalah'. Banyak masyarakat yang cerdas kok, saya doakan semoga sehat selalu ya. Tolong jangan menularkan kepada orang lain," kata dr Vito kepada detikcom, Jumat (15/5/2020).

dr Vito juga meminta tolong kepada para influencer lainnya agar mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Minta tolong untuk semua influencer untuk membantu kami menyuarakan kebersihan diri, cuci tangan kalau mau makan dan kalau mau pakai atau perbaiki masker dan setelah melepas masker. Jaga jarak secara aktif selalu ingatkan lawan bicara atau orang di sekitar setidaknya satu meter kalau bisa dua meter," jelas dr Vito.

"Orang-orang yang menjadi penggemar Anda tentu berharap contoh yang baik dari Anda juga," tuturnya.



Simak Video "Konten Kontroversial Makin Menjamur, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)