Selasa, 19 Mei 2020 13:23 WIB

Manfaat Antioksidan: Jaga Imunitas & Cerahkan Kulit Saat COVID-19

Abu Ubaidillah - detikHealth
Kecantikan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Di tengah pandemi virus COVID-19, sangat penting bagi kamu untuk mengkonsumsi makanan maupun vitamin yang mengandung antioksidan tinggi. Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan dipercaya dapat menjaga kesegaran dan kecerahan kulit.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur menyebut antioksidan adalah zat yang bisa menangkal radikal bebas. Kulit yang rusak akibat dampak dari radikal bebas bisa diperbaiki dengan antioksidan.

"Untuk kulit dampak dari radikal bebas ini adalah kulit jadi kusam, lapisan kolagen kulit kadi rusak berujung kepada kelempaban, kerutan dan proses penuaan yg lebih cepat pada kulit. Itu fungsi antioksidan," jelas dr Muliaman baru-baru ini.

Bagi kamu yang kerap bertemu dengan banyak orang, ini akan sangat membantu, sebab dengan kulit yang cerah akan semakin percaya diri dan dapat menjalani hari dengan maksimal.

Antioksidan merupakan salah satu zat yang baik untuk menjaga kesegaran dan kecerahan kulit. Antioksidan memiliki berbagai manfaat seperti dilansir dari Overstock antara lain sebagai berikut:

1. Sebagai anti-inflamasi

Antioksidan menghasilkan anti-inflamasi yang berharga dengan meningkatkan sirkulasi dan metabolisme sel, mengurangi peradangan, meningkatkan warna kulit, dan membantu mencegah timbulnya jerawat serta keriput.

2. Mengencangkan kulit

Manfaat lain yang dimiliki oleh antioksidan adalah dapat membalikkan efek dari penuaan dan meningkatkan kulit serta meremajakannya. Ketika menggunakan antioksidan, kulit pun akan tampak lebih kencang dan segar.

3. Mengurangi kerutan

Meskipun hampir tidak mungkin menghilangkan keriput, namun antioksidan bisa membantu membuat kulit tampak lebih muda, mengurangi munculnya keriput ataupun garis-garis halus.

4. Mengobati bekas luka

Kulit yang terkena bekas luka juga dapat diatasi dengan antioksidan. Antioksidan berperan meningkatkan aliran darah ke jaringan di mana kulit terluka dan meminimalkan tampilan bekas luka dan membantu dalam pertumbuhan kulit baru.

5. Memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari

Sinar matahari yang berlebihan tidak baik bagi kulit karena dapat mengeringkan dan merusak sel. Kerusakan ini dapat membuat kulit tampak keras dan keriput. Antioksidan merangsang aliran darah di kulit untuk membantu mendorong pertumbuhan sel-sel baru pada kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

Namun dr Muliaman mengingatkan, bahwa bila ingin menggunakan antioksidan, harus memperhatikan usia masing-masing. Sebab, pemberian antioksidan ini dianjurkan pada orang dewasa.

"Pemberian antioksidan memang dianjurkan pada orang dewasa di atas 20 tahun karena orang sangat aktif dan exposure terhadap zat-zat yang menghasilkan radikal bebas lebih nyata dan sering," jelas dr Muliaman.

Bila kamu ingin menggunakan produk kecantikan yang mengandung antioksidan selama masa pandemi COVID-19, bisa mengonsumsi Diva Mixed Berries Drink yang bisa bantu jaga kulit tetap ternutrisi.

Diva Mixed Berries Drink merupakan minuman kecantikan dengan kandungan kolagen aktif, super antioksidan, dan Vitamin E yang sudah teruji klinis dapat meningkatkan kekencangan kulit, mengurangi kerutan, dan mencerahkan kulit.

(prf/ega)