Rabu, 20 Mei 2020 09:00 WIB

Cuci Tangan 6 Kali Sehari Kurangi Risiko Infeksi Corona hingga Sepertiga

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Cuci Tangan Mencuci tangan 6 kali sehari bisa kurangi risiko virus Corona. (Ilustrasi: Shutterstock)
Jakarta -

Para ahli dari University College London mengatakan studi mereka membuktikan bahwa mencuci tangan bisa mengurangi sepertiga risiko terinfeksi virus Corona.

Tim peneliti menganalisis data penyakit pada 1.633 orang di Inggris dan melaporkan rutinitasnya dalam menjaga kebersihan tangan. Mereka menemukan bahwa mereka yang cuci tangan 6-10 kali sehari bisa memangkas risiko terinfeksi hingga 36 persen.

Mereka mengatakan temuan ini mengindikasi lebih dalam bahwa dengan mencuci tangan, seseorang bisa memerangi virus Corona terutama penyebab COVID-19.

"Penting untuk digarisbawahi, frekuensi mencuci tangan hanya salah satu aspek dalam menjaga kebersihan tangan. Selain dari durasi mencuci yang lama, ini harus selalu dilakukan setiap saat, terlepas apakah Anda menunjukkan gejala atau tidak," kata salah satu peneliti, Sarah Beale.

"Ini akan membantu melindungi diri dari penyebaran virus dari orang di sekitar Anda tanpa disadari," lanjutnya, dikutip dari The Sun, Rabu (20/5/2020).

Temuan ini pun mendukung dan membuktikan pesan dari tim kesehatan yang terus mengingatkan untuk mencuci tangan sebagai upaya perlindungan. Bahkan Inggris terus mendesak untuk mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air selama 20 detik.

"Sesuatu yang sederhana seperti mencuci tangan secara teratur bisa membantu kita untuk menjaga tingkat infeksi tetap rendah dan mengurangi penularan virus Corona," jelas Ellen Fragaszy, peneliti dari UCL Institute of Health Informatics dan London School of Hygiene and Tropical Medicine.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)