Kamis, 21 Mei 2020 21:27 WIB

Risiko Kematian akibat Corona Lebih Tinggi pada Kelompok Ini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jubir Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona COVID-19, Achmad Yurianto (Foto: dok. BNPB)
Jakarta -

Penambahan kasus baru positif virus Corona COVID-19 di Indonesia kembali mencetak rekor. Pada Kamis (21/5/2020) ini, jumlah kasus baru mencapai 973, sehingga total seluruhnya menjadi 20.162 kasus.

Jumlah pasien yang sembuh juga meningkat menjadi 4.838 orang sementara 1.278 lainnya meninggal dunia. Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona COVID-19, Achmad Yurianto, mengatakan hal ini dipengaruhi oleh kelompok-kelompok yang paling rentan yaitu usia di atas 60 tahun dan pengidap penyakit komorbid.

"Data sudah mengatakan bahwa kelompok yang paling rentan dan kemudian memiliki angka kemungkinan meninggal yang tinggi adalah pada kelompok usia di atas 60 tahun. Atau pada kelompok dengan penyakit-penyakit penyerta sebelumnya," kata Yuri, Kamis (21/5/2020).

Untuk mencegah jumlah kematian kembali melonjak, Yuri menyarankan untuk menerapkan himbauan dan anjuran yang diberikan pemerintah. Misalnya, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, pakai masker, jaga jarak, hingga tidak bepergian apalagi mudik.

"Mari kita hindari agar tidak tertular atau menjadi sumber penularan bagi kelompok-kelompok rentan tersebut," imbaunya.



Simak Video "Tren 'Coronacuts', Potong Rambut Sendiri Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)