Minggu, 24 Mei 2020 14:04 WIB

Meski Positif, Pasien Corona Disebut Tak Lagi Menular di Hari ke-11

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Wabah virus corona telah ditetapkan oleh WHO sebagai darurat global. Para ilmuwan di berbagai negara di dunia berlomba-lomba mengembangkan vaksin dari virus itu Pasien Corona disebut tak lagi menular di hari ke-11. (Foto ilustrasi: AP Photo)
Jakarta -

Pasien Corona disebut tak lagi menular saat memasuki hari ke-11 meski dirinya masih berstatus positif Corona. Studi ini melibatkan 73 pasien di kota-kota negara tersebut.

"Virus tidak dapat diisolasi atau berkembang setelah hari ke-11 pasien sakit," kata sebuah makalah penelitian bersama Pusat Nasional untuk Penyakit Infeksi dan Akademi Kedokteran Singapura.

Temuan terbaru ini kemungkinan berpengaruh pada kebijakan pemulangan pasien Corona di Singapura. Meski begitu hingga saat ini kriteria pemulangan pasien masih pada hasil tes pasien Corona yang sudah dinyatakan negatif.

Diketahui, strategi Singapura dalam mengelola pasien virus Corona COVID-19 selalu merujuk pada bukti ilmiah klinis lokal maupun internasional terbaru. Kementerian Kesehatan setempat pun terus mengevaluasi apakah temuan terbaru ini dapat berpengaruh terhadap kebijakan penanganan pasien Corona, demikian laporan Straits Times.

Mengutip Bloomberg Minggu (24/5/2020), sejauh ini 13.882 pasien atau 45 persen dari total 31.068 yang terinfeksi Corona telah dipulangkan dari rumah sakit. Singapura sendiri melaporkan 642 kasus baru Corona pada Sabtu siang kemarin.



Simak Video "Mengenal Fasilitas Khusus di Ruang Isolasi Pasien Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)