Minggu, 24 Mei 2020 15:25 WIB

Uji Coba Vaksin Corona Masuk Fase Kedua, Anak-anak Ikut Serta

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Virus corona: Vaksin sudah tersedia bila ilmuwan melanjutkan penelitian vaksin untuk SARS dan MERS Uji coba vaksin Corona masuk tahap kedua, anak-anak iku serta. (Foto ilusrasi: BBC World)
Jakarta -

Vaksin virus Corona yang dikembangkan Universitas Oxford, Inggris, siap memasuki uji klinis fase kedua pada manusia. Bahkan anak-anak dan orang lanjut usia (lansia) akan diikutsertakan dalam tahap ini.

Dikutip dari BBC, tahap pertama uji coba vaksin ini telah dimulai pada April kemarin, yang melibatkan 1.000 orang dewasa sehat berusia 55 tahun ke bawah. Fase kedua nanti sebanyak 10.200 orang akan diikutsertakan dalam penelitian, yang terdiri dari anak-anak berusia 5-12 tahun, orang dewasa berusia 56-69 tahun, dan lansia berusia 70 tahun ke atas.

Para ilmuwan dalam penelitian ini berharap satu juta dosis vaksin virus Corona akan siap pada bulan September. Tetapi, pemerintah Inggris tidak menjamin vaksin akan tersedia dalam waktu dekat.

"Beberapa dari usia di atas 55 tahun tidak memenuhi syarat untuk mengikuti studi fase pertama atau fase awal," kata Sarah Gilbert, profesor bidang vaksinasi di Jenner Institute.

"Dan kami saat ini akan menyertakan kelompok usia yang lebih tua untuk melanjutkan penilaian vaksin," tuturnya.



Simak Video "Eijkman Identifikasi Tipe Virus untuk Vaksin Corona di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)