Jumat, 29 Mei 2020 12:38 WIB

Kasus Corona Kembali Naik, Korsel Perketat Pembatasan Cegah Gelombang Kedua

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Virus corona di Korea Selatan: Lebih dari 100 kasus baru Covid-19 muncul terkait kelab malam Seoul, setelah Korsel catat penularan lokal nihil Korea Selatan kembali perketat pembatasan cegah gelombang kedua Corona. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Usai sebelumnya longgarkan pembatasan karena kasus Corona menurun, kini Korea Selatan kembali terapkan pembatasan. Museum, taman, dan galeri seni semuanya akan ditutup kembali sejak Jumat selama dua minggu, demikian laporan Menteri Kesehatan Park Neung-hoo.

Dikutip dari The Guardian, langkah ini mengikuti peningkatan harian terbesar dalam kasus virus corona dalam 53 hari usai Korsel sebelumnya tampak berhasil kendalikan wabah Corona. Pembatasan ini baru akan berlaku di wilayah Seoul, rumah bagi setengah dari 51 juta penduduk Korea Selatan, hingga 14 Juni.

Warga Seoul juga disarankan untuk menghindari pertemuan sosial atau pergi ke tempat-tempat ramai, termasuk restoran dan bar. Tempat-tempat ibadah juga diminta ekstra waspada dengan tindakan karantina.

"Dua minggu ke depan sangat penting untuk mencegah penyebaran infeksi di wilayah metropolitan. Kita harus kembali ke jarak sosial jika kita gagal," jelas Park.

Pada hari Kamis, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) melaporkan 79 kasus Corona baru dengan 67 di antaranya dari daerah Seoul. Para pejabat mengatakan otoritas kesehatan semakin sulit melacak rute penularan untuk kasus Corona baru, sehingga mendesak orang untuk tetap waspada di tengah kekhawatiran gelombang kedua virus Corona COVID-19.



Simak Video "Prediksi Ahli Infeksi Singapura soal Akhir Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)